Wiranto: 5 Gardu Listrik di Palu Akan Dipulihkan Pagi Ini

Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan Wiranto mengatakan lima gardu induk PT PLN (Persero) diharapkan dapat dipulihkan pada pagi ini setelah terdampak gempa di Donggala dan Palu, Sulawesi Tengah pada Jumat (28/9/2018).
JIBI | 29 September 2018 09:19 WIB
Sebuah bangunan pusat perbelanjaan yang roboh sebagian akibat gempa di Palu, Sulawesi Tengah, Jumat (28/9). - ANTARA/HO

Bisnis.com, JAKARTA -- Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan Wiranto mengatakan lima gardu induk PT PLN (Persero) diharapkan dapat dipulihkan pada pagi ini setelah terdampak gempa di Donggala dan Palu, Sulawesi Tengah pada Jumat (28/9/2018).

Hingga kemarin malam, dari 7 gardu induk yang ada baru 2 yang telah pulih. 

Berdasarkan keterangan yang diperoleh dari PLN, ungkapnya, lima gardu induk tersebut baru akan dipulihkan pada pagi ini. Sebab, lima gardu induk tersebut berisiko untuk dinyalakan pada malam hari.

Wiranto memastikan akan ada upaya penanganan darurat jika ‎lima gardu induk tersebut tidak dapat dipulihkan. PLN diklaim sudah menyiapkan genset berukuran raksasa untuk memasok listrik di sekitar Palu.

"Kalau belum bisa juga, ada langkah darurat, yakni genset raksasa untuk Palu dan sekitarnya," ujarnya seperti dilansir Tempo, Sabtu (29/9).

Gempa berkekuatan 7,7 SR sebelumnya mengguncang Donggala dan Palu pada Jumat (28/9) sore. Menurut Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), gempa tersebut berada di 27 kilometer timur laut Donggala.

Wilayah itu pun dilanda tsunami setinggi 1,5-2 meter. Warga yang tinggal di sekitar Pantai Talise telah mengungsi ke tempat yang lebih tinggi.

Sampai hari ini, masih belum diketahui jumlah korban atau kerusakan yang terjadi.

 

Sumber : Tempo

Tag : PLN, PLN, gempa, gempa, Gempa Palu, Gempa Palu
Editor : Annisa Margrit

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top