Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Sandiaga Tawarkan OK OCE jadi Program Kampanye Nasional

Calon Wakil Presiden Sandiaga Uno berjanji menerapkan ekonomi berbasis budaya atau One Kecamatan One Center for Entrepreneurship atau OK OCE di tingkat nasional.
Gerai OK OCE Mart di Jakarta./Antara-Muhammad Adimaja
Gerai OK OCE Mart di Jakarta./Antara-Muhammad Adimaja

Bisnis.com, JAKARTA--Calon Wakil Presiden Sandiaga Uno berjanji menerapkan ekonomi berbasis budaya atau One Kecamatan One Center for Entrepreneurship atau OK OCE di tingkat nasional.

Hal itu disampaikan saat berkampanye ke Desa Wisata Kandri, Gunung Pati, Semarang, Jawa Tengah pada Senin (24/9/2018) untuk bertemu dengan pelaku ekonomi kreatif, pengusaha muda, dan pegiat industri berbasis kearifan lokal.

"Saya yakin dengan Pemerintah kuat di bawah Prabowo-Sandiaga, anak muda yang punya kreativitas akan muncul. Seperti di Thailand," katanya seperti dikutip dalam siaran pers, Senin (24/9/2018).

Mantan Ketua HIPMI ini menjelaskan Thailand memiliki program kerja berbasis kewirausahaan dalam menumbuhkan lapangan kerja dan menggerakkan roda perekonomian yaitu OTOP (One Tambon One Product). 

Program kerja tersebut, lanjutnya mendukung wirausaha dan pegiat industri berbasis kearifan lokal dalam memasarkan produksinya di 7.255 Tambon (subdistrik). OTOP sendiri terinspirasi dari program yang hampir serupa dari Jepang yaitu OVOP (One Village One Product)

Terinspirasi dari OTOP Thailand dan OVOP dari Jepang, Sandi berharap OK OCE dapat diterapkan secara nasional untuk mendukung pengusaha lokal dalam bentuk pelatihan, pemasaran, hingga akses permodalan. 

"Saya yakin pertumbuhan pengusaha akan mampu mengentaskan kemiskinan dan pengangguran. Tujuannya meningkatkan kesejahteraan masyarakat," jelasnya.

Sandi diketahui telah meminta persetujuan mantan rekan kerjanya saat mempimpin DKI Jakarta, yakni Anies Baswedan mengenai hal tersebut. Menurutnya, Anies telah menyetujuinya lantaran OK OCE merupakan program kampanye saat Pilkada DKI 2017.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper