Dukung Ketersediaan Darah, KBRI Islamabad Gandeng Rotary Club

KBRI Islamabad dan Rotary Club Distrik-3272 Pakistan menandatangani nota kesepahaman atau memorandum of understanding (MoU) untuk kerja sama donor darah di Rotary Centre, Lahore, Pakistan, guna mendukung ketersediaan darah hasil donasi sukarela.
Oktaviano DB Hana
Oktaviano DB Hana - Bisnis.com 16 September 2018  |  18:18 WIB
Dukung Ketersediaan Darah, KBRI Islamabad Gandeng Rotary Club
donor darah, ilustrasi - pmi.or.id
Bisnis.com, JAKARTA - KBRI Islamabad dan Rotary Club Distrik-3272 Pakistan menandatangani nota kesepahaman atau memorandum of understanding (MoU) untuk kerja sama donor darah di Rotary Centre, Lahore, Pakistan, guna mendukung ketersediaan darah hasil donasi sukarela.

Duta Besar RI untuk Pakistan Iwan Suyudhie Amri mengatakan penandatanganan nota kesepahaman ini bertujuan untuk menjaga terselenggaranya sistem donor darah sukarela yang berkesinambungan.

Dia pun mengapresiasi Rotary Club sebagai sebuah organisasi masyarakat yang anggotanya berasal dari latar belakang berbeda dan bersedia mengabdi kepada masyarakat secara professional.

“Meskipun sejarah aktifitas sosial para Rotarian telah dikenal luas, namun saya ingin secara khusus memuji altruisme atau filantropi yang telah menjadi ciri khas Rotary Club bagi masyarakat," ujarnya dalam keterangan resmi KBRI Islamabad di laman resmi Kementerian Luar Negeri, Minggu (16/9/2018).

Iwan juga menekankan pentingnya meningkatkan kepedulian masyarakat untuk mendonorkan darah secara sukarela.

Melalui kerja sama ini dengan Rotary Club, ia berharap kedua pihak dapat melakukan kampanye donor darah yang terorganisir dengan dukungan media dan organisasi kemasyarakatan lainnya.

"Penting untuk mengembangkan kepercayaan publik untuk pelaksanaan donor darah yang aman dalam jumlah yang tidak membahayakan kesehatan," ujarnya.

Sementara itu, Gubernur Distrik Rotary Club Mubarak Ali Shahid mengatakan penandatangan MoU ini merupakan peristiwa bersejarah karena menjadi sebuah langkah kepedulian yang nyata bagi masyarakat Pakistan yang memerlukan bantuan darah.

"Ini sebagai salah satu bukti persahabatan kedua negara yang kuat dan kokoh."

Penandatanganan MoU kerja sama donor darah ini dilaksanakan menjelang pelaksanaan kegiatan donor darah di KBRI Islamabad pada tanggal 15 September 2018 bekerjasama dengan Bulan Sabit Merah Pakistan (Pakistan Red Crescent Society).

Kegiatan ini diharapkan dapat mendorong rencana aksi untuk meningkatkan jumlah pendonoror darah sukarela sesuai dengan tema Hari Donor Darah Sedunia 2018: Give Blood. Share Life.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
kbri, turki, donor darah

Editor : Yusuf Waluyo Jati

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top