SURVEI LSI: Elektabilitas Jokowi-Ma’ruf Ungguli Prabowo-Sandiaga

Lingkaran Survei Indonesia (LSI) Denny JA merilis hasil survei mengenai elektabilitas dua pasang calon presiden dan calon wakil presiden dalam kontestasi Pemilihan Presiden 2019.
SURVEI LSI: Elektabilitas Jokowi-Ma’ruf Ungguli Prabowo-Sandiaga Muhammad Ridwan | 21 Agustus 2018 16:50 WIB
SURVEI LSI: Elektabilitas Jokowi-Ma’ruf Ungguli Prabowo-Sandiaga
Capres Prabowo Subianto orasi usai mendaftar di KPU, Jumat (10/8). - JIBI/Muhammad Ridwan

Bisnis.com, JAKARTA - Lingkaran Survei Indonesia (LSI) Denny JA  merilis hasil survei mengenai elektabilitas dua pasang calon presiden dan calon wakil presiden dalam kontestasi Pemilihan Presiden 2019.

BACA: Ma'ruf Amin Turunkan Elektabilitas Jokowi

Menurut survei LSI elektabilitas pasangan petahana Joko Widodo dan Ma'ruf Amin unggul telak di atas pesaingnya Prabowo Subianto dan Sandiaga Uno dengan memperoleh 52,2%. Sementara itu, pasangan Prabowo - Sandi hanya memperoleh elektabilitas 29,5%.

"Saat ini Jokowi - Ma'ruf telah mencapai the magic number karena elektabilitasnya diatas 50%. Lalu, angka yang diperoleh mereka saat ini hampir menyamai perolehan suara Jokowi pada Pilpres 2014 yaitu 53,15%," jelas peneliti senior LSI Denny JA, Adjie Alfarabi di kantor LSI Denny JA, Jakarta Timur, Selasa (21/8/2018).

SIMAK: Jokowi-Ma'ruf Unggul di 5 Lokasi Pemilih

Adjie mengatakan bahwa selisih atau pereolehan kedua paslon ini cukup tinggi dengan jarak dua digit yaitu sebesar 22,7%. Adapun publik yang belum menentukan pilihan sebesar 18,3%.

Adjie menegaskan jika melihat pemilihan presiden masih 8 bulan lagi, maka masih ada waktu untuk kedua pasangan calon untuk bermanuver. Strategi isu yang tepat dapat menjaga peluang kemenangan kedua kandidat.

Survei nasional ini dilakukan pada 12-19 Agustus 2018 menggunakan metode multistage random sampling dengan melibatkan 1200 responden. Margin of error survei ini berada di angka kurang lebih 2,9%.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
Pilpres 2019

Editor : Nancy Junita

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top