PKS & PAN Belum Sepakati Usung Prabowo Capres 2019

Wakil Ketua Umum DPP Gerindra, Sufmi Dasco Ahmad mengakui belum ada keputusan resmi dari forum tertinggi partainya bersama Partai Keadilan Sejahtera (PKS) dan Partai Amanat Nasional (PAN) untuk mengusung Capres Prabowo Subianto.
John Andhi Oktaveri | 16 Juli 2018 17:19 WIB
Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto (kiri) memberikan salam kepada Ketua MPR yang juga Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) Zulkifli Hasan sebelum melakukan pertemuan tertutup di Jakarta, Senin (25/6/2018). - ANTARA/Wahyu Putro A

Bisnis.com, JAKARTA -- Wakil Ketua Umum DPP Gerindra, Sufmi Dasco Ahmad mengakui belum ada keputusan resmi dari forum tertinggi partainya bersama Partai Keadilan Sejahtera (PKS) dan Partai Amanat Nasional (PAN) untuk mengusung Capres Prabowo Subianto.

Menurutnya, yang ada selama ini baru tahap diskusi untuk mendukung Ketua Umum Partai Gerindra itu untuk dijadikan capres pada Pilpres 2019.

“Keputusan hasil diskusi itu mungkin perlu dibahas dan dibawa oleh teman-teman PAN dan PKS ke dalam forum resmi partai karena koalisi yang akan di-declare, memang harus keputusan resmi dari forum tertinggi dari partai masing-masing," ujar Dasco di Gedung DPR, Senin (16/7).

Dia mengaku memahami mengapa PKS dan PAN belum deklarasi dukungannya ke Prabowo karena kedua partai itu juga seharusnya tidak mendahului keputusan tertinggi dari partai masing-masing. “Namun dari diskusi yang dilakukan, memang belum ada nama lain yang didiskusikan sebagai capres selain Prabowo,” ujarnya.

Menurutnya, diskusi ketiga partai itu baru sebatas diskusi calon presiden dan koalisi, namun belum bicara soal wakil presiden.

Kendati demikian, Sufmi mengaku pihaknya masih optimistis PAN dan PKS akan tetap bergabung bersama Gerindra untuk mendukung Prabowo sebagai capres dari partai tersebut.

Sebelumnya, Gerindra menyebut bahwa PKS dan PAN sudah sepakat untuk mengusung Prabowo sebagai capres dalam pertemuan tersebut, namun hal itu dibantah oleh Presiden PKS, Sohibul Iman yang menyebutkan pihaknya belum memiliki kesepakatan apapun kendati dalam diskusi memang dibahas soal capres.

Hal senada juga diungkapkan oleh pihak PAN yang mengakui belum ada kesepakatan antara partai koalisi pendukung Prabowo Subianto untuk menjadikannya calon presiden.

“Jadi pertemuan itu sebenarnya merupakan diskusi yang mengarah pada koalisi untuk mendukung Prabowo sebagai calon presiden,” ujarnya merujuk pada pertemuan pada Sabtu pekan lalu.

Tag : gerindra, prabowo subianto
Editor : Fajar Sidik

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top