PILEG 2019: Belum Ada Parpol Daftarkan Bakal Caleg DPR ke KPU

Sampai hari ke-10 pendaftaran bakal calon legislatif DPR, masih belum ada partai politik yang menyerahkan berkas pendaftaran.
Jaffry Prabu Prakoso | 13 Juli 2018 14:41 WIB
Gedung KPU - Bisnis/Jaffry Prabu Prakoso

Bisnis.com, JAKARTA -- Sampai hari ke-10 pendaftaran bakal calon legislatif DPR, masih belum ada partai politik yang menyerahkan berkas pendaftaran.

Komisioner KPU Ilham Saputra mengatakan seharusnya sudah ada satu partai yang mendaftar yaitu PKB.

"Tapi PKB kemudian membatalkan. Mungkin karena ada beberapa hal yang harus disiapkan lagi agar kemudian lebih matang dan dalam proses penyusunannya juga lebih baik," kata Ilham di Gedung KPU, Jakarta, Jumat (13/7/2018).

Ilham menjelaskan, hal itu dilakukan agar tidak ada lagi penolakan lalu berkas dikembalikan pada saat proses verifikasi.

Meski begitu dia mengimbau seluruh partai untuk tidak mendaftarkan bacaleg pada hari terakhir. Dengan begitu, perbaikan berkas bisa segera dilakukan saat masih berada pada tahap verifikasi.

Kalau waktunya mepet, Ilham khawatir terjadi persoalan karena partai tidak mampu memperbaiki hasil verifikasi yang membutuhkan perbaikan.

KPU membuka pendaftaran bacaleg DPR mulai 4 hingga 17 Juli 2018. Khusus tanggal 17, KPU akan membuka layanan pendaftaran selama 24 jam. Selain itu, pendaftaran hanya bisa dilakukan sampai pukul 16.00 WIB.

 

Tag : caleg, pileg
Editor : Saeno

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top