Keppres No. 15/2018 Jadi Dasar Penetapan Libur Nasional pada 27 Juni

Presiden Joko Widodo memastikan bahwa hari pemungutan suara pemilihan kepala daerah (Pilkada) serentak pada Rabu (25/6/2018) sebagai hari libur nasional.
Amanda Kusumawardhani | 25 Juni 2018 17:18 WIB
Ilustrasi - JIBI/Dwi Prasetya.jpg

Kabar24.com, JAKARTA — Presiden Joko Widodo memastikan bahwa hari pemungutan suara pemilihan kepala daerah (Pilkada) serentak pada Rabu (25/6/2018) sebagai hari libur nasional.

Hal tersebut diamanatkan dengan terbitnya Keputusan Presiden (Keppres) Nomor 15 Tahun 2018 tentang Hari Pemungutan Suara Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati, serta Wali Kota dan Wakil Wali Kota Tahun 2018 sebagai Hari Libur Nasional.

Keppres yang ditandatangani Presiden pada Senin, (25/6/2018) tersebut menetapkan 27 Juni 2018 sebagai hari libur nasional.

"Baru saja siang tadi saya tanda tangani untuk memberikan kesempatan kepada seluruh masyarakat agar bisa menggunakan hak pilihnya," kata Jokowi, selepas peninjauan kompleks Gelora Bung Karno, Jakarta, Senin (25/6/2018).

Menurutnya, pertimbangan dalam menetapkan hari liburan bertujuan untuk memberikan kesempatan yang seluas-luasnya bagi masyarakat dalam menggunakan hak pilihnya di Pilkada Serentak 2018.

"Bahwa penetapan hari libur nasional dalam rangka pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati, serta Wali Kota dan Wakil Wali Kota secara serentak di beberapa provinsi dan kabupaten/kota dilaksanakan guna memberikan kesempatan yang seluas-luasnya bagi warga negara untuk menggunakan hak pilihnya," demikian tertulis dalam Keppres itu.

Tag : jokowi, Pilkada Serentak
Editor : Stefanus Arief Setiaji

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top