PILKADA SERENTAK, JK: Semoga yang Terbaik Jadi Pemenang

Wakil Presiden Jusuf Kalla optismistis perhelatan Pilkada serentak pada Rabu (27/6/2018) berlangsung kondusif. JK juga berharap calon pilihan rakyat yang keluar sebagai juaranya.
Feni Freycinetia Fitriani | 24 Juni 2018 07:27 WIB
Wapres JK saat berbicara pada peresmian gedung Center Microfinance di Kampus Unhas, Makassar, Sabtu (23/6/2018). - Bisnis/Feni Freycinetia

Bisnis.com, MAKASSAR -  Wakil Presiden Jusuf Kalla optismistis perhelatan Pilkada serentak pada Rabu (27/6/2018) berlangsung kondusif. JK juga berharap calon pilihan rakyat yang keluar sebagai juaranya.

"Harapannya semoga yang terbaik menang," katanya seusai meresmikan kampus Fakultas Teknik Universitas Hasanuddin, di Kabupaten Gowa, Sabtu (23/6/2018).

Dia juga meminta agar semua pasangan calon yang bakal bertarung menjaga massa masing-masing supaya tidak melanggar aturan.

Menurutnya, hingga saat ini suasana di wilayah yang melaksanakan Pilkada serentak, khususnya Sulawesi Selatan terpantau aman.

"Buktinya beberapa hari ini aman tidak ada konflik apa-apa. Ngomong aja banyak, tetapi enggak banyak konflik suku," lanjutnya.

Seperti diketahui, pemerintah, Komisi Pemilihan Umum (KPU), dan Badan Pengawasan Pemilu (Bawaslu) sedang menyiapkan pesta demokrasi yang akan dilaksanakan pada Rabu (27/6/2018).

Pilkada serentak akan berlangsung di 171 daerah.

Sebelumnya, rapat koordinasi soal pemilihan umum kepala daerah (pilkada) serentak mewacanakan agar saat pencoblosan ditetapkan menjadi libur nasional.

Menteri Koordinator bidang Politik, Hukum, dan HAM (Menko Polhukam) Wiranto mengatakan butuh keputusan presiden karena ini menyangkut kebijakan nasional.

"Karena ada usulan bahwa lebih baik yang diliburkan hanya 171 daerah yang menyelenggarakan pemilukada serentak. Tetapi dari hasil kajian di dalam rapat tadi ada mobilitas pemilih yang tidak hanya di 171 daerah itu," katanya usai memimpin rapat di Gedung Menko Polhukam, Jumat (22/6/2018).

Pelaksanaan pilkada serentak berlangsung pada 27 Juni 2018 dan akan dilakukan di 171 daerah yang meliputi 17 provinsi, 39 kota, dan 115 kabupaten.

Tag : Pilkada Serentak
Editor : Saeno

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top