Bersama UNHCR, Angelina Jolie Kembali Kunjungi Irak

Aktris Hollywood Angelina Jolie mengunjungi Mosul, Irak pada Sabtu (16/6/2018) sebagai utusan Komisioner Tinggi PBB untuk pengungsi (UNHCR).
Ana Noviani | 17 Juni 2018 09:49 WIB
Angelina Jolie mengunjungi kota tua di barat Irak pada Sabtu (16/6/2018). - Reuters/UNHCR

Bisnis.com, JAKARTA--Aktris Hollywood Angelina Jolie mengunjungi Mosul, Irak pada Sabtu (16/6/2018) sebagai utusan Komisioner Tinggi PBB untuk pengungsi (UNHCR).

Seperti dilansir Reuters, kehadiran Jolie di kota yang terletak di utara Irak itu diharapkan menggugah komunitas internasional agar tidak melupakan warga Mosul yang sedang mencoba membangun kembali kota mereka.

Dalam kunjungan tersebut, Jolie bertemu dengan keluarga dari barat Mosul dan berjalan melalui jalan yang pernah menjadi lokasi pengeboman.

Kota Mosul berangsur-angsul kembali normal. Sejumlah warga pun telah meninggalkan tempat pengungsian terdekat dan kembali ke rumah mereka.

Namun, kota tua di wilayah barat Mosul mengalami kehancuran parah saat bentrok bersenjata 100.000 tentara Irak, Kurdish Peshmerga, dan gerilyawan Shi'te, yang didukung oleh pasukan udara koalisi Amerika Serikat.

"Ini adalah kehancuran terburuk yang pernah saya lihat selama bertahun-tahun bekerja bersama UNHCR. Orang-orang di sini telah kehilangan segalanya," kata Jolie dalam pernyataan resmi yang dilansir PBB.

"Mereka miskin. Mereka tidak memiliki obat untuk anak-anak mereka, dan banyak yang tidak memiliki air atau layanan dasar. Saya berharap akan ada komitmen berkelanjutan untuk membangun kembali dan menstabilkan seluruh kota dan saya meminta komunitas internasional untuk tidak melupakan Mosul," imbuhnya.

Jolie telah bekerja untuk UNHCR sejak 2001, mengunjungi warga sipil yang tercerabut dari Irak ke Kamboja dan Kenya. Menurut UNHCR, ini adalah kunjungan kelima Jolie ke Irak.

Tag : pbb, angelina jolie
Editor : Ana Noviani

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top