Geologi ESDM Laporkan Sejumlah Kondisi Gunung Berapi

Badan Geologi Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) mengemukakan kondisi Gunung Sinabung (AWAS) teramati hingga Sabtu (16/6/2018) telah terjadi 7 kali gempa hembusan, 1 kali gempa tektonik lokal, dan tremor menerus dengan amplitudo maksimum 0.5-15 mm (dominan 1 mm)
Denis Riantiza Meilanova | 17 Juni 2018 09:56 WIB
Pengendara melintas di jalur Boyolali-Magelang berlatar belakang letusan freatik Gunung Merapi di Cepogo, Boyolali, Jawa Tengah, Jumat (11/5/2018). - ANTARA/Aloysius Jarot Nugroho

Bisnis.com,JAKARTA—Badan Geologi Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) mengemukakan kondisi Gunung Sinabung (AWAS) teramati hingga Sabtu (16/6/2018) telah terjadi 7 kali gempa hembusan, 1 kali gempa tektonik lokal, dan tremor menerus dengan amplitudo maksimum 0.5-15 mm (dominan 1 mm).

Masyarakat diharapkan tidak melakukan aktivitas di dalam radius 3 km dari puncak dan secara sektoral dari puncak dalam jarak 7 km ke selatan-tenggara, 6 km ke tenggara-timur, dan 4 km timur-utara.

Selain itu, pada Sabtu (16/6/2018) kondisi Gunung Agung pada Sabtu (16/6/2018) teramati terjadi 1 kali gempa vulkanik dangkal, 1 kali gempa vulkanik dalam, dan 1 kali gempa tektonik lokal.

Gunung Agung sempat erupsi pada Jumat (15/6/2018) pukul 21.15 WITA, di mana hujan abu teramati jatuh di sektor sebelah Barat Gunung Agung di antaranya di Desa Puregai yang berjarak sekitar 7 km dari Puncak Gunung Agung. Masyarakat di sekitar Gunung Agung diharapkan untuk tidak beraktivitas di dalam radius 4 Km dari kawah.

Sementara itu, Gunung Merapi (WASPADA), melalui rekaman seismograf pada 15 Juni 2018 tercatat 1 kali gempa hembusan, 9 kali gempa guguran, 3 kali gempa fase banyak, 1 kali gempa tektonik lokal, dan 3 kali gempa tektonik jauh.

Kementerian ESDM tidak merekomendasikan kegiatan pendakian Gunung Merapi untuk sementara, kecuali untuk kepentingan penyelidikan dan penelitian berkaitan dengan upaya mitigasi bencana.

Selain itu, diimbau juga radius 3 km dari puncak agar dikosongkan dari aktivitas penduduk dan masyarakat yang tinggal di KRB III dimohon meningkatkan kewaspadaan terhadap aktivitas Gunung Merapi.

Pada Jumat pagi (15/6/2018) tercatat dua kali gempa bumi, yakni di sebelah Barat Laut Pulau Morotai, Maluku Utara (5 SR) dan di sebelah Barat Laut Sarmi, Papua (5,7 SR). Kedua gempa bumi tersebut tidak berpotensi tsunami. Kondisi terkini gunungapi, gempa bumi, dan gerakan tanah dapat diakses melalui aplikasi MAGMA.

 

Tag : gunung sinabung
Editor : Linda Teti Silitonga

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top