KTT AS-KORUT: Julukan Trump Untuk Pemimpin Korut, Dari "Maniac" Sampai "Rocket Man"

Banyak kisah menarik jika membahas hubungan Presiden AS Donald Trump dan pemimpin Korea Utara Kim Jong-un. Salah satunya adalah berbagai panggilan yang disampaikan masing-masing.
Dara Aziliya | 12 Juni 2018 07:58 WIB
Pemimpin Korea Utara Kim Jong-un dan Presiden AS Donald Trump. - Reuters

Bisnis.com, JAKARTA – Banyak kisah menarik jika membahas hubungan Presiden AS Donald Trump dan pemimpin Korea Utara Kim Jong-un. Salah satunya adalah berbagai panggilan yang disampaikan masing-masing.

Sebelum pertemuan di Singapura, Selasa (12/6/2018), hubungan tegang keduanya sudah tercermin pada cuitan Trump di Twitter dan pernyataan Kim melalui media nasional Korea Utara (Korut). 

Dalam beberapa cuitan yang diunggah Trump, dia memiliki sejumlah sebutan untuk Kim. Berikut beberapa di antaranya:
- ‘very bad people’
Dalam sebuah orasi pada Januari 2000, Trump mengritik sejumlah pejabat dunia, salah satunya Kim. Dia menyebut Korut dipimpin oleh orang yang sangat jahat. Trump menyebut Korut sebagai negara yang dijalankan oleh orang yang sangat jahat, ‘’run by some very bad people’’.

- ‘have this maniac sitting there’
Dalam sebuah acara debat pada September 2015, Trump menyebut pemimpin Korut sebagai maniak, tapi dia tidak menyebutkan nama.

‘’Nobody ever mentions North Korea where you have this maniac sitting there and he actually has nuclear weapons…’’ ungkap Trump.

- ‘bad dude’
Dalam sebuah wawancara untuk program This Morning dari stasiun televisi CBS pada Februari 2016, Trump menjelaskan bagaimana peran China dalam negosiasi AS dan Korut.

‘’I mean this guy’s, a bad dude, and don’t underestimate hm…Any young guy that can takeover from his father with all those generals and everybody else that probably wants the position, this is not somebody to be underestimated,’’ tutur Trump, merujuk pada Kim.

- ‘Rocket Man’
Dalam sebuah cuitannya pada September 2017, Trump menyebut Kim Jong Un sebagai ‘Rocket Man’.

‘’I spoke with President Moon of South Korea last night. Asked him how Rocket Man is doing. Long gas lines forming in North Korea. Too bad," ujarnya.

Tag : kim jong un, Donald Trump
Editor : Annisa Margrit

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top