Siapa Jesco Denzel, Sosok di Balik Foto Viral Pemimpin Negara-Negara G7?

eberapa hari terakhir, warganet ramai membahas salah satu foto dalam pertemuan G7. Dalam foto tersebut, tampak Presiden AS Donald Trump duduk dengan menyilangkan tangan dan seolah menjadi pusat diskusi karena dia dikelilingi pemimpin negara G7 lain.
Dara Aziliya | 12 Juni 2018 06:50 WIB
Kanselir Jerman Angela Merkel berbicara kepada Presiden AS Donald Trump dalam pertemuan G7 hari kedua di La Malbaie, Quebec, Kanada, Sabtu (9/6). - Jesco Denzel via Reuters

Bisnis.com, JAKARTA – Beberapa hari terakhir, warganet ramai membahas salah satu foto dalam pertemuan G7. Dalam foto tersebut, tampak Presiden AS Donald Trump duduk dengan menyilangkan tangan dan seolah menjadi pusat diskusi karena dia dikelilingi pemimpin negara G7 lain.

Tepat di hadapan Trump, Kanselir Jerman Angela Merkel memasang raut tegang sambil menyenderkan tangannya di atas meja di hadapan Trump. Di jagad dunia maya, foto ini pun viral, bahkan menjadi meme yang menghibur.

Dimuat sebagai headline di sejumlah media cetak dunia dan diunggah di berbagai portal berita online, membuat si pengambil foto tersebut ikut disorot. Ternyata, foto tersebut diambil langsung oleh fotografer Pemerintah Jerman Jesco Denzel.

Dalam akun Instagramnya, Denzel mengunggah foto tersebut dengan caption ‘’So I took this photograph’’. Meski mendapatkan 1.353 likes, dia tidak mendeskripsikan secara spesifik apa yang menjadi pembahasan para pemimpin negara G7 saat dia mengambil foto tersebut.

Dikutip dari worldpressphoto.orgDenzel merupakan sarjana sains politik dan geografi yang lulus dari Hamburg University pada 2001. Pria kelahiran 1972 tersebut lalu belajar jurnalisme foto di Hannover University of Applied Sciences pada 2002, dan pada tahun yang sama memulai karirnya sebagai fotografer lepas.

Pada 2010, Denzel menjadi fotografer resmi Pemerintah Jerman. Dia mengikuti dan mengabadikan aktivitas Kanselir dan Presiden baik di dalam negeri, maupun di luar negeri.

Di tengah kesibukannya, Denzel tetap terlibat pada proyek-proyek foto dokumenter dengan berfokus pada isu sosial dan ekonomi.

Prestasinya sebagai fotografer pun cukup banyak, yang terbaru adalah penghargaan dari World Press Photo untuk karyanya yang berjudul "Lagos Waterfronts under Threat". Karya-karya lainnya juga dapat diakses melalui situs pribadinya.

Tag : Donald Trump, G7
Editor : Annisa Margrit

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top