Jet Tempur AS Jatuh di Laut Jepang

Sebuah jet tempur militer F15 milik AS jatuh di perairan di lepas pantai selatan pulau Okinawa di Jepang, tempat sebagian besar pasukan AS di Jepang bermarkas.
Mia Chitra Dinisari | 11 Juni 2018 08:53 WIB
Pesawat jet tempur F-16 - Reuters

Kabar24.com, JAKARTA - Sebuah jet tempur militer F15 milik AS jatuh di perairan di lepas pantai selatan pulau Okinawa di Jepang, tempat sebagian besar pasukan AS di Jepang bermarkas.

Pilot, satu-satunya orang di pesawat, berhasil dikeluarkan dan ditemukan oleh regu pencari dan penyelamat. Insiden tersebut, akan akan diselidiki oleh dewan petugas khusus di Jepang.

Kecelakaan terjadi sekitar pukul 06.40 pagi waktu setempat.

Penyebab jatuhnya jet tempur F-15 belum diketahui. Baik Pentagon maupun militer Jepang juga belum berkomentar.

Stasiun televisi NHK Jepang menyatakan pilot yang selamat mengalami patah kaki.

Kadena adalah Pangkalan Militer AS terbesar di Jepang. Sedikitnya terdapat 47 ribu pasukan AS di bawah aliansi keamanan yang telah berlangsung selama beberapa dekade.

Banyak penduduk Okinawa mengasosiasikan pangkalan militer AS dengan kejahatan, kecelakaan, dan polusi sehingga mereka ingin pindah dari pulau itu.

Pemerintah Perdana Menteri Shinzo Abe sedang menggagas  rencana kontroversial untuk merelokasi pangkalan udara Futenma Marinir AS dari daerah perkotaan di Okinawa pusat ke distrik Henoko yang berpenduduk kurang dari kota Nago di utara pulau itu.

 

Sumber : Reuters

Tag : jet tempur
Editor : Mia Chitra Dinisari

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top