Perahu Migran Tenggelam, Mendagri Tunisia Dipecat

Perdana Menteri Tunisia Youssef Chahed pada Rabu (6/6/2018), memutuskan untuk memecat Menteri Dalam Negeri Lotfi Brahem dari jabatannya, kata sumber dari Kepresidenan Pemerintah Tunisia.
Newswire | 07 Juni 2018 09:36 WIB
Bendera Tunisia - Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA - Perdana Menteri Tunisia Youssef Chahed pada Rabu (6/6/2018), memutuskan untuk memecat Menteri Dalam Negeri Lotfi Brahem dari jabatannya, kata sumber dari Kepresidenan Pemerintah Tunisia.

Menteri Kehakiman saat ini Ghazi Jeribi akan memangku jabatan Menteri Dalam Negeri.

Kepresidenan Pemerintah Tunisia belum mengungkapkan alasan bagi keputusan tersebut, kata Xinhua --yang dipantau di Jakarta, Kamis (7/6/2018) pagi.

Beberapa pengulas percaya keputusan itu diambil setelah tenggelamnya perahu migran pada Sabtu (3/6/2018) malam lalu di lepas pantai Tunisia Tenggara sehingga menewaskan tak kurang dari 63 orang.

Tak lama sebelum keputusan tersebut diambil, Lotfi Brahem telah mengumumkan ia akan memecat 10 pejabat keamanan di Provinsi Sfax.

Namun, beberapa pengulas berpendapat keputusan itu berkait dengan berakhirnya ulti-matum 24-jam yang diberikan oleh Youssef Chahed kepada Lotfi Brahem, untuk menemukan mantan menteri dalam negeri Najem Gharshalli --yang melarikan diri dan diburu oleh pihak kehakiman Tunisia sehubungan dengan dugaan keterlibatannya dalam mempengaruhi keamanan nasional.

Sumber : Antara

Tag : tunisia
Editor : Nancy Junita

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top