Pembangunan Kampus UIII Jamin Kelestarian Lahan Terbuka Hijau

Pemerintah menjamin pembangunan kampus Universitas Islam Internasional Indonesia (UIII) seluas 142 hektar di Cimanggis, Kota Depok, Jawa Barat dapat melestarikan lahan terbuka hijau di daerah tersebut.
Nurudin Abdullah | 07 Juni 2018 20:33 WIB
Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin menjelaskan kepada para wartawan bahwa pembangunan kampus UIII di Cimanggis, Depok, Jawa Barat, jamin kelestarian lahan terbuka hijau. - JIBI/Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA-Pemerintah menjamin pembangunan kampus Universitas Islam Internasional Indonesia (UIII) seluas 142 hektar di Cimanggis, Kota Depok, Jawa Barat dapat melestarikan lahan terbuka hijau di daerah tersebut.

Menteri Agama, Lukman Hakim Saifuddin, mengatakan kampus UIII didesai sebagai bagian dari cara pemerintah menjaga dan melestarikan kawasan terbuka hijau, khususnya di wilayah Depok.

“Pembangunan UIII sebagai bagian dari cara pemerintah menjaga kawasan hijau. Selain gedung perkuliahan, selebihnya akan menjadi lahan hijau,” katanya dalam situs resmi Kementerian Agama, Selasa (5/6/2018).

Menurutnya, dari total lahan kampus UIII sebesar 142 hektar, itu hanya sekitar 30% diantaranya diisi bangunan, sedangkan yang lebih luas mencapai 70% untuk taman dan lahan terbuka hijau untuk menjaga keseimbangan alamnya.

“Taman ini akan difungsikan sebagai ruang terbuka hijau kawasan kampus dan Kota Depok, sekaligus tempat rekreasi warga UIII dan masyarakat sekitarnya,” tegasnya.

Dia menjelaskan pembangunan UIII akan melestarikan lahan terbuka hijau. Selain sebagai sarana edukatif, kampus perguruan tinggi tersebut diharapkan akan menjadi objek wisata bagi masyarakat.

Selain itu, imbuhnya, kampus itu dibangun dalam rangka menjaga lingkungan, semua bangunan, selain ikonik tradisi budaya khas Indonesia, juga menjaga kenyamanan lingkungannya.

Presiden Joko Widodo meresmikan proses pembangunan kampus UIII, di Cimanggis, Depok, hari ini, Selasa (5/6/2018). Peresmian itu ditandai dengan peletakan batu pertama di lokasi pembangunan kampus itu  oleh Presiden Joko Widodo dan Wapres Jusuf Kalla..

Tag : kampus, lahan, kementerian agama
Editor : Martin Sihombing

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top