Amerika Usir Dua Diplomat Venezuela

Kementerian Luar Negeri Amerika Serikat (AS) memerintahkan dua diplomat Venezuela meninggalkan Amerika Serikat dalam 48 jam sebagai balasan atas apa yang dilakukan pemerintah negara tersebut sebelumnya.
John Andhi Oktaveri | 24 Mei 2018 12:56 WIB
Bendera Amerika Serikat - WallpaperCave

Bisnis.com, JAKARTA – Kementerian Luar Negeri Amerika Serikat (AS) memerintahkan dua diplomat Venezuela meninggalkan Amerika Serikat dalam 48 jam sebagai balasan atas apa yang dilakukan pemerintah negara tersebut sebelumnya.

Kedua diplomat itu adalah chargé d’affaires Kedutaan Besar Venezuela di Washington D.C. dan deputi konsul jenderal pada Konsulat Venezuela di Houston, menurut kementerian tersebut.

“Tindakan ini merupakan balasan atas apa yang dilakukan pemerintah Maduro terhadap Chargé d’Affaires dan Deputi Konsul Jenderal AS di Karakas,” menurut Kemenlu AS sebagaimana dikutip Reuters, Kamis (24/5/2018).

Pengusiran itu menandai ketegangan hubungan kedua negara setelah AS menjatuhkan sanksi kepada negara penghasil minyak tersebut. AS menuduh pemilihan presiden venezuella tidak demokratis dan penuh kecurangan.

Presiden Venezuela Nicolas Maduro memenangi pemilu dan terpilih kembali dengan kemenangan telak. Akan tetapi, para pengamat mengatakan pemilu itu tidak bebas dan di bawah tekanan.

Presiden Donald Trump memberi sanksi dengan membatasi kemampuan Venezuela untuk menjual aset negara. Maduro kemudian menuding diplomat AS, Todd Robinson terlibat konspirasi militer dan kemudian mengusirnya.

Tag : amerika serikat, venezuela
Editor : Nancy Junita

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top