Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

AKSI PENEMBAKAN: Menteri Dalam Negeri Pakista Cedera

Menteri Dalam Negeri Pakistan Ahsan Iqbal ditembak dan cedera dalam satu upaya pembunuhan selama pertemuan terbuka di Kabupaten Narowal, Provinsi Punjab, di bagian timur Pakistan pada Minggu malam (6/5/2018)
Newswire
Newswire - Bisnis.com 07 Mei 2018  |  08:28 WIB
AKSI PENEMBAKAN: Menteri Dalam Negeri Pakista Cedera
Menteri Dalam Negeri Pakistan Ahsan Iqbal. - .Reuters
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA-- Menteri Dalam Negeri Pakistan Ahsan Iqbal ditembak dan cedera dalam satu upaya pembunuhan selama pertemuan terbuka di Kabupaten Narowal, Provinsi Punjab, di bagian timur Pakistan pada Minggu malam (6/5/2018).

Seorang juru bicara Pemerintah Punjab mengatakan menteri itu terbebas dari bahaya dan telah dibawa melalui udara oleh satu helikopter ke rumah sakit di Lahore, Ibu Kota Provinsi tersebut.

Perwira Polisi Kabupaten Narowal Imran Kishwar mengatakan seorang warga lokal menembak menteri itu segera setelah ia mengakhiri pidatonya selama pertemuan terbuka di Kota Kecil Kanjrur, tempat asal menteri tersebut.

Dikemukakan seorang pria bersenjata itu, Abid Hussain yang berusia 22 tahun melepaskan satu tembakan dari jarak 10 sampai 12 meter, dan pelurunya mengenai lengan kanan menteri tersebut.

Tersangka itu ditangkap oleh polisi tak lama setelah ia melepaskan tembakan, kata perwira polisi tersebut.

Menteri itu segera dibawa ke rumah sakit Kabupaten di Narowal, tempa ia menjalani operasi awal, seperti dikutip Antra, Senin (7/5/2018).

Pemimpin dari semua partai politik di negeri tersebut dengan keras mengutuk serangan itu dan mendesak pemerintah agar memastikan keamanan politisi serta masyarakat umum.

Tak lama setelah serangan tersebut, anggota Liga Muslim Pakistan-Nawaz, yang memerintah di Pakistan, turun ke jalan di berbagai kota besar dan melancarkan protes terhadap serangan itu.

Perdana Menteri Pakistan Shahid Khaqan Abbasi juga mengutuk serangan tersebut dan memerintahkan polisi agarmelacak para perencana di belakang serangan itu.

Media lokal, dengan mengutip beberapa saksi mata, melaporkan bahwa segera setelah melepaskan tembakan, tersangka yang bersenjata mengumumkan ia menyerang untuk melakukan pembalasan sebab anak buah Iqbal membunuh keluarganya pada masalalu.

Namun, beberapa laporan mengatakan tersangka penyerang, di dalam pernyataan pengakuannya, mengatakan ia menyerang Iqbal sebab menteri tersebut termasuk di antara anggota partai yang berkuasa yang mengubah peraturan agama tahun lalu.

Lembaga keamanan sudah memberitahu menteri itu mengenai kemungkinan serangan terhadap dia, demikian laporan media setempat.

Laporan tersebut belum dikonfirmasi oleh pejabat mana pun.

Iqbal termasuk di antara otak utama elite politik Pakistan. Ia melaksanakan tugasnya bersama dua portofolio lagi, termasuk Menteri Dalam Negeri dan Menteri Perencanaan, Pembangunan dan Pembaruan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

pakistan
Editor : Linda Teti Silitonga
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top