Brunei Beli Senjata & Tank, Jokowi Tawarkan Lagi Kapal & Pesawat CN

Presiden Joko Widodo menginstruksikan PT Pindad untuk segera memproses pembelian alat sistem utama senjata (alutsista) oleh Brunei Darussalam.
Amanda Kusumawardhani | 03 Mei 2018 22:09 WIB
Presiden Joko Widodo (kedua kiri) bersama Sultan Brunei Darussalam Hassanal Bolkiah memeriksa pasukan saat kunjungan kenegaraan di Istana Bogor, Jawa Barat, Kamis (3/5/2018). - Antara/Wahyu Putro

Bisnis.com, JAKARTA – Presiden Joko Widodo menginstruksikan PT Pindad untuk segera memproses pembelian alat sistem utama senjata (alutsista) oleh Brunei Darussalam.

"Iya tadi, sudah dalam proses dan memang kita sudah perintahkan untuk segera diproses mengenai pembelian yang ada di Pindad, baik berupa senjata maupun tank anoa," kata Jokowi seusai bertanding bulu tangkis melawan Sultan Brunei Darussalam  Sultan Haji Hassanal Bolkiah di Cilangkap, Jakarta Timur, Kamis (3/5/2018).

Selain memproses pembelian senjata dan tank anoa, Pemerintah Indonesia juga menawarkan kapal dan pesawat CN kepada Sultan Bolkiah.

"Beliau menyampaikan masih hitung-hitung dulu. Tadi sudah langsung dipanggil menterinya," kata Kepala Negara.

Pada kesempatan yang sama, Sultan Bolkiah juga sempat meninjau pameran alutsista oleh PT Pindad, PT Dirgantara Indonesia, dan PT PAL di Mabes TNI di Cilangkap.

Sebelumnya, Menteri Luar Negeri Retno L.P. Marsudi mengungkapkan Brunei tertarik investasi di bidang perkapalan dan pelabuhan.

“Brunei tertarik bekerja sama di bidang alutsista, makanya nanti di Mabes TNI ada showcase dari PT Pindad, PT DI, dan PT PAL. Kendaraan tempur spesifik apa, belum disebutkan," ungkapnya.

Tag : alutsista, brunei darussalam
Editor : M. Syahran W. Lubis

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top