Selidiki Keterlibatan Rusia, Mueller Bisa Dipecat Trump

Gedung Putih menyatakan bahwa Presiden Donald Trump dapat memecat Robert Mueller, jaksa yang ditunjuk khusus untuk menyelidiki dugaan intervensi Rusia dalam pemilihan umum 2016 lalu.
John Andhi Oktaveri | 11 April 2018 13:35 WIB
Presiden AS Donald Trump - Reuters

Kabar24.com, JAKARTA - Gedung Putih menyatakan bahwa Presiden Donald Trump dapat memecat Robert Mueller, jaksa yang ditunjuk khusus untuk menyelidiki dugaan intervensi Rusia dalam pemilihan umum 2016 lalu.

"Kami sudah diberi tahu bahwa presiden jelas memiliki kuasa untuk mengambil keputusan itu," ujar sekretaris pers Gedung Putih, Sarah Sanders sebagaimana dikutip CNN.com, Rabu (11/4/2018).

Menurutnya, Trump sudah memberikan pesan yang jelas bahwa keterlibatan Mueller sudah terlalu jauh.

Mueller memang sedang menjadi topik hangat di AS, karena penyelidikannya sudah mulai menyasar pada orang-orang penting di Gedung Putih.

Dia ditunjuk pada Mei 2017 lalu untuk menyelidiki dugaan campur tangan Rusia dalam pemilu 2016 demi kemenangan Trump.

Sejak saat itu, sudah ada empat penasihat Trump yang diseret ke pengadilan terkait kasus tersebut, termasuk ketua kampanyenya, Paul Manafort selain mantan penasihat keamanan nasional AS, Michael Flynn.

Kini, pengacara Trump yang memegang banyak rahasia mengenai kesepakatan keuangan dan pribadi sang presiden, Michael Cohen, juga menjadi sasaran Mueller.

Pada awal pekan ini, Biro Investigasi Federal AS (FBI) menggeledah rumah Cohen atas perintah Mueller.

Dalam operasi tersebut, FBI menyita sejumlah dokumen, termasuk yang berkaitan dengan uang suap untuk aktris porno Stormy Daniels agar tak membocorkan skandal seksualnya dengan Trump.

Trump menyebut penggeledahan ini sebagai upaya mencari-cari kesalahan dan mengatakan. Namun, para anggota parlemen dari Partai Demokrat dan Republik mendesak Trump membiarkan Mueller menjalankan tugasnya.

Tag : Donald Trump
Editor : Nancy Junita

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top