Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

5 Jam Terganggu, Bandara Sam Ratulangi Manado Kembali Beroperasi

Setelah padam sekitar 5 jam, lampu runway Bandara Sam Ratulangi Manado kembali menyala. Bandara pun dapat kembali beroperasi.
Bandara Sam Ratulangi. /bandarasamratulangi
Bandara Sam Ratulangi. /bandarasamratulangi

Bisnis.com, MANADO – Setelah padam sekitar 5 jam, lampu runway Bandara Sam Ratulangi Manado kembali menyala. Bandara pun dapat kembali beroperasi.

Berdasarkan keterangan resmi dari pihak PT Angkasa Pura I (Persero) Bandara Sam Ratulangi yang diterima Bisnis, kerusakan lampu runway terjadi sejak pukul 18.40 WITA. Setelah beberapa penanganan, bandara dapat kembali beroperasi pukul 23.31 WITA.

“Untuk selanjutnya, akan dilakukan identifikasi penyebab kerusakan dan perbaikan secara menyeluruh,” ujar Minggus E.T Gandeguai, General Manager Bandara Sam Ratulangi dalam keterangan resmi tersebut.

Atas kerusakan lampu runway tersebut, setidaknya ada 480 penumpang dalam 4 jadwal penerbangan yang tertunda perjalannya. Empat penerbangan yang tertunda itu yakni Wings Air IW1536 (MDC-AMQ), Garuda GA627 (MDC-CGK), Lion JT2751 (MDC-PVG (Shanghai)), dan Batik Air ID6275 (MDC-CGK).

Selain itu, terdapat 2 penerbangan kembali ke bandara asal (return to base) yaitu Wings Air IW1537 (AMQ-MDC) dan Nam Air IN699 (TTE-MDC). Ada pula penerbangan yang dialihkan ke bandara lain diantaranya Citilink QG307 (SUB-MDC), Wings Air IW1188 (PLW-MDC), Batik Air ID6272 (CGK-MDC).

Selama kurang-lebih 5 jam tersebut, para mitra usaha di area ruang tunggu keberangkatan diinstruksikan untuk tetap buka agar dapat melayani calon penumpang. Sementara, bagi penumpang Wings Air IW 1536 tujuan Ambon ditunda penerbangannya hingga Jumat (23/3) pukul 08.00 WITA. Para calon penumpangnya telah disediakan penginapan.

Sisanya, seluruh penerbangan tertunda maupun yang dialihkan sedang dalam proses pengaturan jadwal kembali. Minggus memohon maaf atas ketidaknyamanan para penumpang pada malam ini.

“Yang diakibatkan peralatan listrik kami mengalami gangguan. Dengan segala upaya dan doa dari semua pihak, kami dapat menyelesaikan perbaikan sesuai dengan jadwal. Sekali lagi kami atas nama manajemen memohon maaf atas ketidaknyamanan ini,” tuturnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Fajar Sidik

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper