Wapres JK Bahas Tantangan Asean Ke Depan

Wakil Presiden Jusuf Kalla mengajak bangsa di Asia Tenggara bersatu untuk menghindari penguasaan negara-negara besar seperti China di Laut China Selatan.
Lingga Sukatma Wiangga | 22 Maret 2018 15:14 WIB
Wakil Presiden Jusuf Kalla tiba di Bandar Udara Internasional Hamid Karzal Kabul, Afghanistan, Selasa (27/2/2018) pukul 13.40 waktu setempat (perbedaan waktu antara Jakarta 2 Jam 30 lebih lambat) - Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA — Wakil Presiden Jusuf Kalla mengajak bangsa di Asia Tenggara   bersatu untuk menghindari penguasaan negara-negara besar seperti China di Laut China Selatan.

Hal itu dikatakannya dalam Forum  yang membahas tantangan ke depan “7th Southeast Asian Studies Symposium di Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia, Salemba, Kamis (22/3/2018). Forum ini untuk memperkuat persatuan negara-negara di Asia Tenggara menghadapi dominasi China.

BACA JUGA

“Mempersatukan untuk menghindari penguasaan negara besar sperti China. Seperti di Laut China Selatan, itu tantangan,” katanya.

Selain itu dalam upaya mengatasi tantangan  masalah terorisme global dan  bagaimana ekonomi negara-negara yang tergabung dalam Asean dapat bersaing dengan negara-negara lain.

Dia mencontohkan, beberapa hari lalu ada forum terkait Asean dengan Australia. Hal itu untuk menyatukan pandangan untuk menjaga kepentingan di Asean dengan negara maju terdekat seperti Australia.

“Asean membutuhkan pikiran dan sudut pandnag yang berbeda. Pikiran kita semua untuk mencapai kemajuan bersama,” ucapnya.

BACA

Tag : Wapres JK
Editor : Martin Sihombing

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top