Terapkan Kontrak Tak Adil Kepada Startup, Prancis Bakal Gugat Google dan Apple

Prancis akan menggugat Google dan Apple terkait praktik kerja sama yang tidak adil terhadap perusahaan startup dan developer.
Annisa Margrit | 14 Maret 2018 15:47 WIB
Menteri Keuangan Prancis Bruno Le Maire dalam sebuah konferensi pers di Paris, Prancis pada Senin (26/2). - Reuters/Benoit Tessier

Bisnis.com, JAKARTA -- Prancis akan menggugat Google dan Apple terkait praktik kerja sama yang tidak adil terhadap perusahaan startup dan developer.

Reuters melansir Rabu (14/3/2018), Menteri Keuangan Prancis Bruno Le Maire mengatakan dia menemukan praktik tidak adil yang dilakukan oleh dua perusahaan itu. Google dan Apple disebut menerapkan tarif dan beberapa syarat lainnya dalam kontrak yang dilakukan dengan pengembang software.

"Untuk itu, saya akan membawa Google dan Apple ke pengadilan niaga Paris karena telah melakukan praktik yang tidak adil," ujarnya, ketika berbicara kepada radio RTL.

Meski Google dan Apple adalah perusahaan yang sangat besar, lanjut Le Maire, tapi tidak seharusnya mereka memperlakukan perusahaan rintisan dan pengembang perangkat lunak seperti itu.

Terkait hal ini, juru bicara Apple dan Google di Prancis belum memberikan komentarnya.

Le Maire menambahkan Uni Eropa (UE) diharapkan dapat menutup celah pajak yang menguntungkan sejumlah perusahaan teknologi besar seperti Google, Apple, Facebook, dan Amazon mulai tahun depan.

Sumber : Reuters

Tag : google, apple
Editor : Annisa Margrit

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top