Bloomberg Ubah Indeks Barclays

Bloomberg hari ini mengumumkan adanya perubahan dalam indeks pendapatan tetap Bloomberg Barclays.
Mia Chitra Dinisari | 21 Februari 2018 10:16 WIB

Bisnis.com, JAKARTA - Bloomberg hari ini mengumumkan adanya perubahan dalam indeks pendapatan tetap Bloomberg Barclays.

Perubahan ini merupakan hasil dari proses peninjauan dan tata kelola atas indeks global oleh Bloomberg dan yang saat ini masih berjalan. Proses ini termasuk menerima feedback dari klien saat rapat Index Advisory Council (Dewan Penasehat Indeks) yang dilaksanakan pada kwartal keempat tahun 2017. 

Berikutini adalah ringkasan perubahan peraturan, klarifikasi, serta tanggal pelaksanaan. Bloomberg akan mengumumkan perubahan lain waktu apabila diperlukan di lain waktu.

Indeks Agregat Global

• Efektif pada tanggal 1 Juni 2018, hutang denominasi rupiah akan diperhitungkan dalam Indeks Agregat Global. Lima puluh IDR-denominated government bonds (Ticker: INDOGB dan INDOIS) dengan total nilai pasar sebesar $ 151,3 miliar pada tanggal 31 Januari 2018) akan masuk dalam Global Agregat dan Global Treasury pada awal Mei 2018 dan berkontribusi terhadap tingkat pengembalian indeks mulai tanggal 1 Juni 2018.

• Efektif pada tanggal 1 Mei 2018, peraturan kelayakan indeks untuk Indeks Global Agregat akan diperbarui sedemikian rupa sehingga apabila utang negara dari suatu mata uang tidak memenuhi syarat dalam indeks, maka tidak ada securities denominated lain dari mata uang tersebut yang dianggap memenuhi syarat, terlepas dari peringkat sekuritas. Hasilnya, 32 obligasi pemerintah dan obligasi korporasi (ZAR 89.0bn, $ 7.5bn MV) yang terdenominasi dalam ZAR akan dihapus dari wilayah yang diproyeksikan dalam Indeks Agregat Global pada awal April 2018 dan tidak akan memberikan kontribusi pada kinerja indeks Mei 2018. Untuk klarifikasi tambahan, sovereigns diturunkan di bawah investment-grade yang kembali ke status investment-grade tidak akan secara otomatis memenuhi syarat untuk Indeks Agregat Global dan perlu dievaluasi pada proses tinjauantata kelola tahunan berikutnya.

Indeks Agregat AS

• Indeks Agregat AS akan terus meniadakan obligasi 144A tanpa hak registrasi. Pada tanggal 1 Mei 2018, versi terpisah indeks Agregat AS dan Indeks US Credit akan dibuat yang mencakup sekuritas kredit 144A (keduanya dengan dan tanpa hak pendaftaran).

• Ginnie Mae II (G2) custom pools akan dihapus dari indeks US MBS dengan target bulan pelaksanaan Juni 2018. G2 custom pools tidak memenuhi syarat TBA, yang merupakan persyaratan untuk masuk ke dalam Indeks US MBS. Pada tanggal 31 Januari 2018, 2,4% indeks MBS terdiri dari G2 custom pools. Tanggal pelaksanaan yang tepat akan diberikan dalam waktu dekat.

• Efektif pada tanggal 1 Mei 2018, 200k MBS pool akan ditambahkan ke dalam Loan Balance specified pool bucket. Saat ini, Loan Balance specific pool bucket meliputi Saldo Pinjaman Rendah (LLB), Saldo Pinjaman Tengah (MLB), Saldo Pinjaman Tinggi (HLB), dan 175K specified pool buckets. Metodologi penetapan harga dari Indeks US MBS didasarkan pada non-specified pools yang berkontribusi pada setiap kohort. Oleh karena itu, pada bulan Mei 2018, 200k MBS pool tidak lagi disertakan dalam penetapan harga kohort indeks MBS.

• Tanggal faktor yang digunakan untuk mengenali penerbitan pool baru dan yang mencerminkan paydown aktual MBS dari bulan sebelumnya dalam Indeks US MBS akan dipindahkan dari hari kerja ke-16 ke hari kerja ke-8. Perubahan ini akan berlaku mulai tanggal 10 Mei 2018 yang merupakan hari kerja ke-8 di bulan Mei 2018. Pemindahan tanggal faktor pada awal bulan ini akan memberikan akses lebih awal informasi paydown aktual dan juga indeks proyeksi dunia untuk bulan berikutnya kepada para pengguna Indeks US MBS.

Perubahan Indeks Lain

• Metodologi FX hedging yang digunakan dalam Indeks Bloomberg Barclays akan ditingkatkan. Saat ini, forward quote 1 bulan yang digunakan untuk menghitung pengembalian hedging akan diasumsikan berakhir pada tanggal yang sama dengan spot settlement - berapapun jumlah indeks hari kerja setiap bulannya. Metodologi yang telah diubah akan menyesuaikan forward quote untuk memperhitungkan jumlah indeks hari kerja per bulan. Hal ini untuk memastikan tanggal settlement dari forward currecncy sama dengan tanggal spot settlement. Perubahan ini ditargetkan terlaksana pada kuartal keempat tahun 2018. Tanggal pelaksanaan akan disampaikan nanti.

• Efektif pada tanggal 1 Mei 2018, Macau akan dihapus dari daftar negara Emerging Market (EM) yang digunakan untuk menentukan kelayakan negara indeks EM.

Tag : bloomberg
Editor : Mia Chitra Dinisari

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top