Korsel Bayari Akomodasi Delegasi Olimpiade Korut Rp36 Miliar

Korea Selatan menyetujui anggaran yang dikeluarkan untuk menjadi tuan rumah bagi delegasi Korea Utara dalam penyelenggaraan Olimpiade Musim Dingin 2018 di Pyeongchang.
Annisa Margrit | 14 Februari 2018 14:35 WIB
Kelompok suporter Korea Utara (Korut) beraksi memberikan dukungan bagi tim hoki es gabungan Korut-Korea Selatan (Korsel) dalam pertandingan melawan Jepang di Olimpiade Pyeongchang, Rabu (14/2). - Reuters/David W. Cerny

Bisnis.com, JAKARTA - Korea Selatan menyetujui anggaran yang dikeluarkan untuk menjadi tuan rumah bagi delegasi Korea Utara dalam penyelenggaraan Olimpiade Musim Dingin 2018 di Pyeongchang.

Biaya sebesar 2,86 miliar won, sekitar Rp36 miliar, disiapkan Kementerian Unifikasi Korea Korea Selatan (Korsel). Dana itu digunakan untuk membiayai 400 suporter dan para penampil yang datang ke Pyeongchang, Korsel untuk menghadiri Olimpiade.

BBC.com melansir Rabu (14/2/2018), dana tersebut sebagian besar dipakai untuk akomodasi dan makanan bagi kelompok suporter, grup orkestra yang tampil di beberapa pertandingan, anggota tim taekwondo, serta anggota delegasi lainnya.

Berdasarkan pantauan media, sebagian besar anggota delegasi menginap di hotel-hotel mewah di Seoul dan dekat venue Olimpiade.

Anggaran tersebut belum termasuk biaya bagi 22 atlet Korea Utara (Korut), yang akan dilakukan oleh Komite Olimpiade Internasional (International Olympic Committee/IOC), dan biaya bagi para pejabat tinggi Korut yang akan dibayarkan secara terpisah dalam anggaran belanja pemerintah.

Korsel juga membayar akomodasi dan biaya-biaya lain ketika delegasi Korut yang beranggotakan 600 orang hadir dalam Asian Games 2002 di Busan.

Sumber : BBC.com

Tag : korsel vs korut
Editor : Annisa Margrit

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top