Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Eva Sundari : Tambahan Kursi Pimpinan di DPR untuk Imbangi Fadli Zon & Fahri Hamzah

Anggota DPR dari Fraksi PDIP Eva Kusuma Sundari, mengatakan rencana penambahan kursi pimpinan untuk DPR dan MPR dapat menjadi penyeimbang bagi pimpinan saat ini, sehingga tidak lagi terlihat sangat beroposisi kepada pemerintah.
Politisi PDIP Eva Sundari/Istimewa
Politisi PDIP Eva Sundari/Istimewa

Kabar24.com, JAKARTA - Anggota DPR dari Fraksi PDIP Eva Kusuma Sundari, mengatakan rencana penambahan kursi pimpinan untuk DPR dan MPR dapat menjadi penyeimbang bagi pimpinan saat ini, sehingga tidak lagi terlihat sangat beroposisi kepada pemerintah. 

Eva bahkan secara khusus menyebut Fahri Hamzah dan Fadli Zon  dalam pimpinan DPR.

"Mudah-mudahan suasana pimpinan yang selama ini sangat oposan (beroposisi) sehingga banyak `individual center` itu, ya mulai bekerja untuk kepentingan kelembagaan kalau sudah `balance` di dalam pimpinan," kata Eva di Kantor Wakil Presiden Jakarta, Kamis (8/2/2018).

Eva bahkan terang-terangan menyatakan kursi tambahan untuk PDI P akan membuat kepemimpinan DPR dan MPR dapat mengimbangi Fahri Hamzah dan Fadli Zon.

Eva mengharapkan pemimpin tambahan di DPR dan MPR dari PDIP tak membuat pimpinan legislatif kehilangan kekritisannya terhadap kebijakan-kebijakan pemerintah yang menyimpang dari kepentingan rakyat.

"Ya, tetap silakan kritik keras, tapi ada yang menjalankan, ada pimpinan yang menjalankan agenda-agenda konkret untuk kinerja kelembagaan. Kalau kemarin-kemarin kan kurang," kata Eva.

Revisi UU Nomor 17 Tahun 2014 tentang MPR, DPR, DPD dan DPRD telah membuat jumlah pimpinan DPR berubah menjadi enam orang dan pimpinan MPR menjadi delapan orang.

PDI Perjuangan, sebagai pemenang Pemilu 2014, selama ini tidak mendapat jatah kursi pimpinan di DPR dan MPR. Tetapi revisi ini membuat PDIP mendapatkan jatah satu kursi di DPR dan satu kursi di MPR.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Editor : Nancy Junita
Sumber : Antara

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper