Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pertumbuhan Ekonomi Bali 2017 Dibawah Prediksi BI

Kantor Perwakilan Bank Indonesia Bali menyatakan capaian pertumbuhan ekonomi Pulau Dewata pada 2017 lebih rendah dibandingkan dengan target.

Kabar24.com, DENPASAR—Kantor Perwakilan Bank Indonesia Bali menyatakan capaian pertumbuhan ekonomi Pulau Dewata pada 2017 lebih rendah dibandingkan dengan target.

Deputi Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia Bali Azka Subhan menyatakan pihaknya memproyeksikan pertumbuhan Bali akan berada pada kisaran 5,7%-6,1%. Angka perkiraan itu pun sudah disesuaikan dengan kondisi erupsi Gunung Agung.

“Sebenarnya keinginan 5,9%, bahkan ini ternyata di luar jangkauan dan kami tidak sangka. Ternyata triwulan empat juga jatuh banget,” jelasnya, Senin (5/2/2018).

Menurutnya, penurunan tersebut akibat efek berganda karena banyaknya wisatawan yang tidak datang sehingga berdampak terhadap jumlah okupansi dan juga restoran.

Azka menuturkan kondisi Bali pada tahun lalu tidak bisa dilepaskan dengan isu erupsi Gunung Agung hingga menyebabkan penutupan bandara.

Sebagai pintu masuk wisatawan, penutupan sangat mempengaruhi jumlah wisatawan yang berlibur di Pulau Dewata.

Situasi itu ditambah lagi dengan menurunnya sisi produksi holtikultura akibat cuaca tidak bersahabat.

“Ini kami lagi sedih. Dalam lina tahun terakhir ini capaian terendah,” tegasnya.

Azka masih optimistis dengan capaian akhir tahun lalu, pada tahun ini pertumbuhan akan semakin positif meskipun diakuinya lebih berat tantangan yang dihadapi. Kampanye Bali safe serta kunjungan Presiden Jokowi dinilai sudah terasa memberikan dampak positif serta kunjungan wisman.

Harapannya, dengan adanya pembangunan sejumlah infrastruktur serta pelaksaan IMF dan World Bank Annual Meeting ditambah pilkada akan mendorong perekonomian.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Feri Kristianto
Editor : Rustam Agus

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper