Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

GERHANA BULAN TOTAL: Ribuan Warga Padang Salat Gerhana di Masjid Raya Sumbar

Ribuan warga Kota Padang, Sumatra Barat melaksanakan shalat gerhana di Masjid Raya Sumbar, sekaligus menyaksikan fenomena alam gerhana bulan total dari masjid tersebut.
Heri Faisal
Heri Faisal - Bisnis.com 01 Februari 2018  |  00:14 WIB
Gerhana bulan total - Bisnis.com/Andhika
Gerhana bulan total - Bisnis.com/Andhika

Bisnis.com, PADANG—Ribuan warga Kota Padang, Sumatra Barat melaksanakan shalat gerhana di Masjid Raya Sumbar, sekaligus menyaksikan fenomena alam gerhana bulan total dari masjid tersebut.

Gubernur Sumbar Irwan Prayitno mengajak warga untuk meningkatkan ketaqwaan dengan melaksanakan zikir dan shalat sunnah saat fenomena alam demikian terjadi.

“Jadi peristiwa alam seharusnya diisi dengan zikir dan tafakur, serta shalat sunnah. Jangan sampai fenomena seperti ini diwarnai dengan mistik dan syirik,” ujarnya, Rabu (31/1/2018).

Saat fenomena gerhana bulan kali ini, Irwan mengaku bersyukur karena masyarakat memenuhi Masjid Raya Sumbar untuk melaksanakan shalat gerhana. Begitu juga di masjid – masjid lainnya di Kota Padang.

Adapun, pelaksanaan shalat gerhana di Masjid Raya Sumbar dilaksanakan setelah ibadah shalat isya.

Masyarakat bisa menyaksikan gerhana bulan total tersebut dengan menggunakan teleskop yang dihubungan ke layar proyektor, sehingga bisa dinikmati masyarakat banyak.

Bahkan gerhana bulan total itu juga bisa disaksikan dengan mata telanjang dari lokasi tersebut. Bahkan hingga pukul 20.30 WIB, masyarakat masih ramai menyaksikan fenomena alam itu dari Masjid Raya Sumbar.

Sebelumnya, Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Padang Panjang menyatakan gerhana bulan total bisa disaksikan di Sumbar pada 31 Januari 2018.

“Jika cuaca cerah, masyarakat bisa melihat gerhana bulan dengan mata telanjang,” kata Rahmat Triyono, Kepala Stasiun Geofisika Padang Panjang.

 


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Gerhana Bulan Total
Editor : Andhika Anggoro Wening

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top