Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Populasi Jalak Bali di Alam Liar Sedikit Dibandingkan Penangkaran

Perkembangan populasi Jalak Bali (Leucopsar rothschildi) di alam liar Taman Nasional Bali Barat atau TNBB tidak sepesat seperti jumlah yang ditangkarkan.

Kabar24.com, DENPASAR—Perkembangan populasi Jalak Bali (Leucopsar rothschildi) di alam liar Taman Nasional Bali Barat atau TNBB tidak sepesat seperti jumlah yang ditangkarkan.

Mengutip data TNBB, dari hasil monitoring hingga akhir 2017 populasinya sebanyak 109 ekor, naik 34,5% dibandingkan jumlah populasi pada akhir 2016. Jumlah populasi tersebut terus mengalami peningkatan 2012.

Namun, peningkatan jumlah itu jjika dibandingkan dengan populasi di penangkaran di TNBB yang mengalami kenaikan sebesar 98% menjadi 303 ekor pada akhir 2017, dari tahun sebelumnya 153 ekor. Kepala Bali TNBB Agus Ngurah Krisna mengatakan populasi di alam liar lebih sedikit karena burung endemik TNBB tersebut menghadapi sejumlah ancaman.

“Dari predator, karena warna bulunya mencolok sehingga gampang dilihat predator. Selain itu, ancaman lainnya adalah habitat kering, burung ini membutuhkan air lebih banyak kalau tidak lengket bulunya,” jelasnya saat ditemui, Minggu (28/1/2018).

Menurutnya, keberhasilan meningkatkan populasi yang signifikan di penangkaran tidak lepas dari usaha yang dilakukan secara terus menerus mulai dari perbaikan manajemen pakan, pengelolaan kesehatan, penanganan gangguan pemangsa, dan ketersediaan prasarana pendukung. Hingga Januari 2017, populasi di penangkaran sudah bertambah menjadi 317 ekor.

Agus menuturkan khusus untuk di penangkaran, pihaknya memiliki petugas yang selalu melakukan pengawasan 24 jam. Untuk mengawasi keberadaan Jalak Bali di alam liar, pihaknya bekerja sama dengan desa adat di sekitar TNBB untuk melindungi binatang endemik tersebut.

Diakuinya, gangguan pencurian Jalak Bali masih ada dan terbukti beberapa minggu lalu petugas TNBB menangkap warga yang memasang jaring perangkap. Agus menyatakan dari hasil interogasi, asal warga yang berniat menjebak Jalak Bali berasal dari jauh.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Feri Kristianto
Editor : Rustam Agus

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper