Innalillahi wa Inna Ilaihi Raji’un, Pengusaha Sukamdani Sahid Gitosardjono Meninggal Dunia

Innalillahi wa innailaihi rojiun. Telah berpulang ke Rahmatullah Suami, Ayahanda, Mertua, Eyang Kakung, Eyang Buyut tercinta kami Bapak Prof. DR.H. KPH. SUKAMDANI SAHID GITOSARDJONO. Wafat, Kamis, 21 Desember 2017, jam 09.15. JENAZAH disemayamkan di Rumah Duka, Jl. Imam Bonjol no 50 Jakarta Pusat. Pemakaman ba\'da Ashar,di Pondok Pesantren Modern Sahid, jl. Dasuki Bakri Km 6, kecamatan Pamijahan. Bogor. Mohon dimaafkan atas segala kesalahan kekhilafan almarhum dan semoga almarhum Khusnul Khatimah.
Saeno | 21 Desember 2017 20:11 WIB

Bisnis.com, JAKARTA - Prof. Dr. Sukamdani Sahid Gitosardjono hari ini, Kamis (21/12/2017) pukul 09.15 WIB meninggal dunia.

“Innalillahi wa innailaihi roji’un. Telah berpulang ke Rahmatullah Suami, Ayahanda, Mertua, Eyang Kakung, Eyang Buyut tercinta kami Bapak Prof. DR.H. KPH. SUKAMDANI SAHID GITOSARDJONO. Wafat, Kamis, 21 Desember 2017, jam 09.15. JENAZAH disemayamkan di Rumah Duka, Jl. Imam Bonjol no 50 Jakarta Pusat. Pemakaman ba'da Ashar,di Pondok Pesantren Modern Sahid, jl. Dasuki Bakri Km 6, kecamatan Pamijahan. Bogor. Mohon dimaafkan atas segala kesalahan kekhilafan almarhum dan semoga almarhum Khusnul Khatimah,” demikian pesan yang diterima Bisnis.com dari keluarga almarhum, Kamis pagi.

Sekitar pukul 11.00 WIB sejumlah pejabat, kerabat dan handai taulan melakukan takziah.

Tampak beberapa di antaranya Mantan Menteri Perindustrian Saleh Husein, Direktur Freeport Indonesia Tony Wenas, dan Direktur Pemberitaan Bisnis Indonesia Arif Budisusilo.

Saat ini, jenazah hendak dimandikan untuk kemudian disalatkan di Masjid Nurul Iman, Kompleks Hotel Sahid.

Setelah salat Dhuhur, jenazah baru akan disemayamkan di Jalan Imam Bonjol untuk kemudian dimakamkan di Bogor.

20:53 WIB

Upacara Pemakaman Selesai, Keluarga dan Kerabat Tabur Bunga di Pusara

Yanti Sukamdani (ketiga kiri), Rina Ciputra (keempat kiri) dan Arif Budisusilo (kelima kiri) melakukan tabur bunga di atas pusara almarhum Sukamdani Sahid Gitosardjono

Upacara pemakaman almarhum Sukamdani Sahid Gitosardjono berakhir sekitar pukul 20.34 WIB. Usai upacara yang dilaksanakan secara militer keluarga melakukan tabur bunga di atas pusara almarhum.

Allahhummaghfir lahu warhamhu wa\'aafihi wa\'fu anhu.
Ya Allah ampunilah dia, berilah rahmat, kesejahteraan dan ma\'afkanlah dia

Allahumma laa tahrimnaa ajrahu walaa taftinna ba\'dahu waghfirlanaa walahu
Ya Allah, janganlah kiranya pahalanya tidak sampai kepadanya, janganlah Engkau meluputkan kami akan pahalanya, dan janganlah Engkau memberi kami fitnah sepeninggalnya, ampunilah kami dan dia.

20:40 WIB

Keluarga Berterima Kasih Kepada Para Tamu Takziah

Perwakilan keluarga almarhum Sukamdani Sahid Gitosardjono, Nugroho Sukamdani mengucapkan terima kasih kepada para tamu yang berkenan meringankan langkah bertakziah dan mengiringi pemakaman ayahandanya.

Dalam kesempatan itu, dia juga meminta agar para pelayat turut memanjatkan doa untuk melapangkan jalan almarhum agar diterima di sisi Tuhan serta keluarga yang ditinggalkan diberi ketabahan dan kekuatan untuk melanjutkan berbagai kegiatan yang telah dirintis mulai dari sektor Bisnis, Pendidikan Umum serta Pendidikan Islam.

"Tempat ini dinamakan Yayasan Wakaf Khusnul Kotimah agar kita semua senantiasa khusnul khotimah," paparnya.

Tidak lupa, dia juga meminta agar segala kesalahan yang pernah diperbuat almarhum, disengaja atau pun tidak disengaja, agar bisa dimaafkan.

Sebelum mengakhiri sambutan, Nugroho berharap berbagai pihak agar bisa menghubungi keluarga jika masih memiliki sejumlah hak yang belum sempat dipenuhi oleh almarhum.

20:33 WIB

Keluarga Ikhlas, Mohon Almarhum Dimaafkan

Hariyadi Sukamdani, putra almarhum Sukamdani Sahid Gitosardjono, memberikan sambutan setelah jenazah diturunkan ke liang lahat.

Berikut petikan sambutan Ketua Umum Apindo tersebut yang bertugas selaku inspektur upacara:

Upacara ini merupakan bentuk penghormatan dan penghargaan pemerintah atas jasa dan bakti almarhum. Kepergian beliau sangat mengejutkan kami keluarganya tapi sebagai umat beragama, kami ikhlas terhadap kehendak-Nya.

Saya selaku inspektur upacara maupun sebagai pribadi mengucapkan berbela sungkawa atas wafatnya beliau seraya memanjatkan doa agar keluarga diberi ketabahan dan bimbingan oleh Tuhan.

Telah hilang salah seorang putra terbaik bangsa yang teguh dan ikhlas menjalankan amanah serta tugas negara. Sebuah sikap yang patut ditiru oleh kita semua.

Sebagai manusia biasa, almarhum tidak luput dari khilaf dan kesalahan. Sudi kiranya dimaafkan dan didoakan semoga segala kesalahan beliau diampuni.

20:09 WIB

Tembakan Salvo Dilepaskan, Jenazah Diturunkan ke Liang Lahat

Tembakan salvo telah dilepaskan, mengiringi penurunan jenazah almarhum Sukamdani Sahid Gitosardjono ke liang lahat.

20:09 WIB

Pasukan Militer Pasang Sangkur, Jenazah Siap Diturunkan ke Liang Lahat

Pasukan militer telah memasang sangkur, jenazah siap diturunkan ke liang lahat. Sebelumnya, putra almarhum, Haryadi Sukamdani, Ketua Umum Asosiasi Pengusaha Indonesia, yang bertindak sebagai inspektur upacara memberikan penghormatan terakhir kepada almarhum.

19:29 WIB

Upacara Pemakaman Dimulai

Upacara pemakaman secara militer telah dimulai. Jenazah telah ditempatkan di dalam Puri Argo Menep. Demi kelancaran proses pemakaman, pengurus Pondok Pesantren Sahid Jaya Bogor hanya memperbolehkan keluarga inti, militer dan pimpinan manajemen Sahid Group memasuki lokasi pemakaman.

19:21 WIB

Pihak Militer Persiapan Akhir Tata Upacara Pemakaman

Pihak pasukan militer dari Yon Armed 10 Bogor sedang melakukan persiapan akhir tata upacara pemakaman.

Keluarga inti, militer dan pimpinan manajemen Sahid Group telah dipersilakan memasuki Puri Argo Menep setelah jenazah disalatkan.

18:55 WIB

Jenazah Telah Tiba, Jamaah Salatkan Almarhum

Sekitar pukul 18:50 WIB, jenazah almarhum Sukamdani Sahid Gitosardjono telah tiba di lokasi pemakaman. Jamaah merapatkan shaf, mendirikan salat jenazah.

18:53 WIB

Ponpes Siapkan Genset

Untuk memperlancar proses pemakaman almarhum Sukamdani Sahid Gitosardjono, pihak Pondok Pesantren Sahid Jaya Bogor mengoperasikan mesin pembangkit tenaga listrik.

Pantauan Bisnis, para pengurus pesantren melakukan koordinasi untuk menyiagakan mesin pembangkit listrik.

"Genset sudah dinyalakan," ujar seorang pengurus Ponpes di lokasi pemakaman.

Informasi yang diterima, pihak keluarga almarhum telah memasuki Kompleks Pesantren.

 

18:47 WIB

Tamu Undangan Bersiap Sambut Kedatangan Jenazah

Para tamu undangan bersiap menyambut kedatangan jenazah almarhum Sukamdani S. Gitosardjono.

Pantauan Bisnis, pasukan militer telah bersiaga di depan Puri Argo Menep untuk menyambut kedatangan jenazah yang menurut informasi telah memasuki kawasan tersebut.

Puri Argo Menep yang berukuran 18,2 m x 18,2 m di atas lahan 331,24 m2 terletak pada titik tertinggi di kawasan Pondok Pesantren Sahid Jaya yang berbukit- bukit di kaki Gunung Salak, Bogor.

Gerbang Puri Argo Menep, lokasi pemakaman almarhum Sukamdani Sahid Gitosardjono.

 

18:43 WIB

Batalyon Artileri Medan 10 Bogor Siap Sambut Jenazah

Batalyon Artileri Medan 10 Bogor bersiap melakukan upacara penyambutan jenazah almarhum Sukamdani Sahid Gitosardjono. Almarhum akan dimakamkan secara militer.

18:36 WIB

Demi Kelancaran, Begini Pengaturan Proses Pemakaman

Demi kelancaran proses pemakaman, hanya pihak keluarga inti, militer serta pimpiman manajemen Sahid Group yang diperkenanka memasuki Puri Argo Menep.

Menurut Ustad Sajid, pimpinan Pondok Pesantren Sahid Jaya Bogor, untuk melancarkan proses pemakamam, tidak semua tamu undangan dapat memasuki bangunan makam.

"Para pengajar Ponpes dan tamu lainnya tetap di Paseban saja," tuturnya.

18:32 WIB

Jenazah Diperkirakan Tiba Usai Magrib

Rombongan pengantar jenazah almarhum Sukamdani Sahid Gitosardjono direncanakan tiba di lokasi pemakaman seusai ibadah salat Magrib.

Demikian disampaikan pimpinan Pondok Pesantren Sahid Jaya Bogor, Ustad Sajid, Kamis (21/12/2017) petang.

Informasi yang dihimpun, semula ada wacana bahwa jenazah akan diberangkatkan dari Jakarta menggunakan helikopter. Namun, karena kondisi cuaca tidak memungkinkan, diputuskan bahwa keberangkatan jenazah Sukamdani Sahid Gitosardjono menggunakan jalur darat dengan diiringi puluhan mobil.

Saat ini para tamu dan undangan kembali menggelar tahlilan seusai menjalankan ibadah salat magrib.

17:33 WIB

Jenazah Almarhum Akan Dimakamkan di Tengah Bangunan Bercorak Jawa

Jenazah almarhum Sukamdani Sahid Gitosardjono akan dimakamkan di tengah bangunan bercorak Jawa.

Pantauan Binis, Kamis (21/12/2017) sore, pemakaman tersebut dinamai Puro Argo Menep. Bangunan tersebut terletak pada titik tertinggi di dalam kompleks Pesantren Sahid Jaya, Bogor.

Puro Argo Menep bercorak Joglo dilengkapi empat pintu besar berbentuk setengah lingkaran serta jendela bercorak bintang dengan lambang Sahid Jaya di tengahnya.

Di bagian dalam, terdapat empat pilar besar berukir serta pagar kayu yang membentengi liang jenazah tempat almarhum akan dikebumikan.

Menurut Muhamad Ahmad, staf pengajar Madrasah Tsanawiyah, Ponpes tersebut didirikan delapan tahun silam di atas lahan berbukit seluas 73 hektare.

Saat ini para tamu undangan tengah bersiap menyambut kedatangan jenazah almarhum. Rencananya sebelum dimakamkan secara militer, jenazah akan disalatkan.

16:49 WIB

Pesan Almarhum Kepada Para Pengajar Ponpes Sahid Jaya

Kepergian Sukamdani Sahid Gitosardjono meninggalnya duka dan kenangan mendalam bagi pengajar Pondok Pesantren Sahid Jaya, Bogor.

Muhamad Ahmad, pengajar Madrasah Tsanawiyah (MTs) Ponpes Sahid Jaya mengatakan meski baru empat tahun mengajar di lembaga pendidikan keagamaan tersebut, memiliki kenangan tersendiri terhadap almarhum.

"Beliau orangnya tertata, segala sesuatu sudah disiapkan bahkan lokasi pemakaman sudah disiapkan," tuturnya, Kamis (21/12/2017).

Selain itu, almarhum pernah memberikan wejangan kepada para pengajar Ponpes bahwa dalam membimbing para santri, mereka harus senantiasa ikhlas agar bisa membawa berkah.

16:41 WIB

Ratusan Jamaah Tahlilan Penuhi Paseban Argo Mantep

Ratusan tamu dan warga memadati kompleks Pondok Pesantren Sahid Jaya, Bogor jelang pemakaman almarhum Sukamdani Sahid Gitosardjono.

Pantauan Bisnis, para tamu undangan, petinggi pesantren dan warga sekitar telah memenuhi Paseban Argo Mantep di Kompleks Pondok Pesantren Sahid Jaya, Kamis (21/12/2017) sore.

"Saat ini sedang ada tahlilan sambil menanti kedatangan almarhum," ujar Muhamad Ahmad, salah seorang staf pengajar Madrasah Tsanawiyah Ponpes Sahid Jaya.

Dia melanjutkan, jumlah peserta tahlilan bisa lebih banyak lagi jika para santri belum pulang ke rumah masing-masing.

"Sejak 14 Desember 500-an santri telah kembali ke rumah karena sudah memasuki liburam semester," pungkasnya.

15:57 WIB

Ciputra : Dia Ingin Melihat Indonesia Betul-Betul Merdeka dan Sejahtera

Pengusaha senior Ciputra menyebut Indonesia kehilangan tokoh bisnis luar biasa sepeninggal almarhum Sukamdani Sahid Gitosardjono.

Menurut pendiri Ciputra Grup tersebut, Sukamdani adalah sosok besar dengan pemikiran luas. Dia pun menilai Sukamdani sebagai pebisnis sejati yang berintegritas.

"Kita kehilangan tokoh bisnis luar biasa. Dia Ketua Kadin sekian kali. Luar biasa sumbangannya untuk bangsa," ujarnya, Kamis (21/12/2017).

Ciputra menyebutkan, Sukamdani adalah pengusaha yang sangat mencintai dan ingin berbuat banyak untuk bangsanya. Hal itu terlihat dari cita-cita besar Sukamdani yang ingin melihat masyarakat Indonesia benar-benar merdeka dan sejahtera.

"Dia ingin melihat Indonesia betul-betul merdeka dan sejahtera. Rakyat jelata bisa terangkat . Dia ingin kesenjangan sosial itu berkurang. Dia ingin ciptakan lapangan kerja," ujarnya.

15:25 WIB

Upacara Militer Lepas Sukamdani ke Pemakaman

Sekitar pukul 15.18 WIB jenazah almarhum Sukamdani Sahid Gitosardjono dilepas dengan upacara militer. Selanjutnya, jenazah akan dibawa ke pemakaman yang sudah disiapkan di Bogor, Jawa Barat.

15:07 WIB

Ucapan Duka dan Karangan Bunga

Para pelayat melakukan takziah ke rumah duka almarhum pengusaha Sukamdani Sahid Gitosardjono yang meninggal pada Kamis (21/12/2017) pagi.

Di antara para pelayat terlihat Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita, Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala BPN Sofyan Djalal, juga para mantan menteri kabinet lainnya.

Pengusaha Mohtar Riyadi dan Ciputra juga tampak di antara para pelayat selain para pengusaha lainnya.

Dari kalangan politisi terlihat Arief Budimanta dari PDIP, Hayono Isman dari Partai Demokrat serta politisi Saleh Husein dari Partai Hanura yang juga seorang pengusaha.

Jenazah almarhum Sukamdani S. Gitosardjono diagendakan dimakamkan di kawasan Gunung Menyan, Kabupaten Bogor usai salat Ashar.

Sementara itu sejumlah karangan bunga ucapan duka cita nampak berjejer di lokasi rumah duka.

 

 

 

14:26 WIB

Mendagri Tjahjo Kumolo Takziah ke Rumah Duka

Tak berselang lama dari kehadiran Airlangga Hartarto, nampak Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo hadir di rumah duka sekitar pukul 14.17 WIB.

14:21 WIB

Airlangga Hartarto Takziah Tak Lama Setelah Wapres JK Tiba

Tak berselang lama dari kehadiran Wapres JK dan istri, Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto tiba di rumah duka sekitar pukul 14.11 WIB.

 

14:16 WIB

Wapres dan Ibu Mufidah Jusuf Kalla Takziah ke Rumah Duka

Sekitar pukul 14.09 WIB Wakil Presiden Jusuf Kalla bersama Ibu Mufidah Jusuf Kalla tiba ke rumah duka untuk melakukan takziah.

Sebelumnya, Ketua Tim Ahli Wakil Presiden Sofjan Wanandi menyebutkan Wapres direncanakan melakukan takziah seusai waktu Dhuhur tiba.

13:59 WIB

Jenazah Almarhum Sukamdani S. Gitosardjono Sampai di Rumah Duka

Sekitar pukul 13.45 WIB jenazah almarhum Sukamdani S. Gitosardjono sampai di Rumah Duka, jalan Imam Bonjol, Jakarta Pusat.

 

13:41 WIB

Ciputra dan Agum Gumelar Takziah ke Rumah Duka

Pengusaha properti Ir. Ciputra dan mantan Menteri Perhubungan Agum Gumelar tampak melakukan takziah ke rumah duka almarhum Sukamdani S. Gito Sardjono.

Berikut sejumlah fotonya.

 

 

13:23 WIB

Keluarga Mohon Almarhum Dimaafkan dan Didoakan

Sholat jenazah selesai sekitar pukul 13.10 WIB. Nugroho, putra almarhum menyampaikan sambutan. Atas nama keluarga besar, Nugroho memintakan maaf atas semua kesalahan Sukamdani semasa hidup serta memohon jamaah berdoa agar almarhum khusnul khotimah. Hujan deras turun seolah mengiringi duka cita yang mendalam.

13:21 WIB

Pengusaha Bersahaja yang Berani Angkat Brand Lokal

Menteri Enggartiasto Lukita mengaku sangat mengenal Sukamdani sewaktu di Kamar Dagang dan Industri Indonesia (Kadin). Menurut Enggar, Sukamdani adalah sosok pengusaha yang bersahaja.

"Beliau waktu di Kadin sangat bersahaja dan kepedulian untuk dunia usaha nasional sangat tinggi," ujarnya, di kediaman Sukamdani, jalan Imam Bonjol nomor 50, Menteng, Jakarta Pusat, Kamis (21/12/2017).

Hal yang paling berkesan buat Enggar dari sosok Sukamdani adalah sosok pengusaha yang berani mengangkat brand dalam negeri. Enggar mencontohkan, Sukamdani berhasil membesarkan brand Sahid di dunia perhotelan di saat pengusaha lain lebih tertarik menggunakan brand asing.

 

12:58 WIB

Para Pelayat Bersiap Salat Jenazah Berjamaah Untuk Almarhum Sukamdani

Sekitar pukul 12.54 WIB para pelayat memadati Masjid Nurul Iman. Sebagian masih menjalankan Salat Dhuhur berjamaah, untuk selanjutnya dilakukan Salat Jenazah bagi almarhum Sukamdani Sahid Gitosardjono.

12:51 WIB

Sahabat Almarhum Datang ke Rumah Sakit. Ini Pengakuan Murdaya Po

Sekitar pukul 12.42 WIB, sejumlah sahabat almarhum terus berdatangan ke Rumah Sakit Sahid Sahirman. Salah satunya Murdaya Po. “Saya kenal beliau lebih 50 tahun,” tutur Murdaya saat bersalaman menyampaikan ucapan belasungkawa dengan Hariyadi.

12:47 WIB

Karangan Bunga dari Megawati dan Hasto

Dua karangan bunga nampak berada di rumah duka Jalan Imam Bonjol, Jakarta Pusat. Karangan bunga tersebut berasal dari Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri dan Sekjen PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto. Sementara karangan bungan lainnya masih sedang ditata

Saat ini, keluarga sedang mempersiapkan lokasi rumah duka, tempat almarhum Sukamdani S. Gitosardjono akan disemayamkan sebelum diberangkatkan ke pemakaman di Bogor, Jawa Barat.

12:39 WIB

Kenangan Sofjan Wanandi Tentang Almarhum

Ketua Tim Ahli Wakil Presiden Sofjan Wanandi mengenang sosok Sukamdani Sahid Gitosardjono sebagai salah satu tokoh yang berjasa dalam membangun ekonomi Indonesia.

Menurut Sofjan, Sukamdani merupakan pengusaha yang dapat mengkompromikan perbedaan-perbedaan yang terjadi pada pengusaha dan mengerahkannya untuk mendukung pembangunan nasional saat menjadi Ketua Umum Kadin tahun 1982-1985 dan 1985-1988.

“Tokoh daripada pengusaha, yang pernah memimpin Kadin, saya pernah ikut dalam kepengurusannya, dia bisa mengkompromikan kita bersama dengan pengusaha lain itu bisa membangun ekonomi Indonesia bersama sama,” kenang Sofjan Wanandi di Istana Wakil Presiden, Kamis (21/12/2017).

12:19 WIB

Menteri Enggar dan Sofyan Djalil Datang ke Rumah Duka

Menteri Enggar dan Sofyan Djalil datang ke rumah duka sekitar pukul 12.17 wib. Ia disambut Yorrys Raweyai.

12:09 WIB

Usai Dimandikan, Jenazah Disiapkan Untuk Dibawa ke Masjid Nurul Iman

Prosesi memandikan jenazah baru saja selesai. Suasana duka begitu terasa di ruang pemulasaraan jenazah. Satu persatu putra-putri almarhum meninggalkan ruangan. Sekarang sedang dipersiapkan untuk membawa jenzah almarhum ke masjid Nurul Iman.

12:03 WIB

Wapres JK Melayat ke Rumah Duka

Wakil Presiden Jusuf Kalla akan melayat ke rumah duka pemilik Sahid Group, Prof. Dr. Sukamdani Sahid Gitosardjono yang meninggal dunia hari ini, Kamis (21/12/2017).

Ketua Tim Ahli Wakil Presiden Sofjan Wanandi mengatakan Wapres JK akan bertolak ke rumah duka sekitar waktu zuhur.

"Sekitar satu jam lagi kami mungkin ke rumah duka. Pak JK, saya dan yang lain," kata Sofjan, di Istana Wakil Presiden, Kamis (21/12/2017).

11:58 WIB

Jenazah Almarhum Sukamdani S Gitosardjono Dimandikan

Sekitar pukul 11.56 WIB Jenazah almarhum Sukamdani S Gitosardjono dimandikan di rumah sakit Sahid Sahirman. Tampak Ny. Juliah Sukamdani didampingi putra-putrinya seperti Yanti, Hariyadi, Nugroho, Exacty Sukamdani serta sejumlah cucu.

Tag : sukamdani s. gitosardjono
Editor : Saeno

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top