Implementasi Pilar Sosbud ASEAN 2025 Harus Dipantau

Proses implementasi cetak biru pilar sosial budaya Asean 2025 harus dipantau.
Kurniawan A. Wicaksono | 15 Desember 2017 22:26 WIB
Presiden Joko Widodo (kiri) memberi hormat kepada Presiden Filipina Rodrigo Duterte (tengah) menjelang pembukaan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Ke-31 ASEAN di Manila, Filipina, Senin (13/11). - REUTERS/Aaron Favila

Bisnis.com, JAKARTA – Proses implementasi cetak biru pilar sosial budaya Asean 2025 harus dipantau.

Y.B. Satya Sananugraha, Seskemenko Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK) mengatakan pemantauan ini dilakukan melalui partisipasi aktif dalam proses penyusunan framework monitoring dan evaluasi yang sedang dikembangkan Sekretariat Asean.

“Kita perlu memanfaatkan momentum ini untuk menyusun indikator-indikator kunci yang dapat mendukung prioritas nasional Indonesia serta implementasi cetak biru pilar sosial budaya Asean 2025,” ujarnya, seperti dikutip dari laman resmi Kemenko PMK, Jumat (15/12/2017).

Menurutnya, langkah ini penting agar potensi yang ada di Tanah Air mampu bergerak untuk mencapai sasaran pembangunan nasional, terutama di bidang pembangunan manusia dan kebudayaan.

Oleh karena itu, dokumen keluaran dari workshop Kebijakan Monitoring and Evaluation Framework – yang telah dilakukan di Bandung – merupakan policy paper yang akan disirkulasikan kepada kementerian/ lembaga.

Tag : asean
Editor : Fajar Sidik

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top