Car Freeday Rawan Pencopetan, Kenali Modusnya

Acara Car Free Day atau Hari Bebas Kendaraan yang biasanya dilaksanakan setiap Minggu pagi menjadi kesempatan bagi masyarakat untuk menghabiskan waktu baik untuk sekedar berjalan-jalan, berolahraga, atau melakukan aktivitas lainnya.
Juli Etha Ramaida Manalu
Juli Etha Ramaida Manalu - Bisnis.com 14 Desember 2017  |  16:39 WIB
Car Freeday Rawan Pencopetan, Kenali Modusnya
Suasana Car Free Day di Jalan Thamrin, Jakpus. - jakarta.go.id/Shinta

Kabar24.com,JAKARTA - Acara Car Free Day atau Hari Bebas Kendaraan yang biasanya dilaksanakan setiap Minggu pagi menjadi kesempatan bagi masyarakat untuk menghabiskan waktu baik untuk sekedar berjalan-jalan, berolahraga, atau melakukan aktivitas lainnya.

Namun, meskipun tampak menyenangkan, warga yang ikut tumpah ke jalan diimbau untuk tetap berhati-hati dan memperhatikan barang pribadi yang dibawa, apalagi barang-barang berharga. Pasalnya, tindak kejahatan pencopetan acap kali terjadi.

"Jadi, Car Free Day itu ternyata juga banyak copet, udah beberapa orang yang sudah kita tangkap," kata Direktur Reserse Kriminal Umum Komisaris Besar Polisi Nico Avinta, Kamis (14/12/2017).

Biasanya, kata Nico, pencopetan dilakukan oleh pelaku secara berpasangan dengan menyenggol dan memepet korban kemudian mengambil barang berharga yang menjadi target. Adapun benda berharga yang kerap menjadi target pelaku adalah ponsel.

"Jadi, pura-pura disenggol [oleh] dua orang, yang satu mengalihkan perhatian dan barangnya pun diambil dan semua sasarannya handphone," tambahnya.

Untuk itu, pihaknya menurunkan beberapa tim personel guna melakukan pengamanan. Personel yang diturunkan biasanya akan berbaur dengan masyarakat yang melakukan kegiatan di Car Free Day.

Selain menurunkan personel, Nico mengimbau agar masyarakat bisa turut andil dalam memberantas tindak kejahatan ini dengan melaporkan jika sewaktu-waktu menyaksikan pelanggaran hukum, keamanan dan ketertiban.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
car free day

Editor : Martin Sihombing

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top
Tutup