Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Bantul Banjir, 15 Jembatan Roboh Diterjang Luapan Sungai

Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta mencatat 15 jembatan di daerah ini roboh akibat diterjang banjir luapan sungai setelah diguyur hujan sebagai dampak badai Siklon Tropis Cempaka akhir November lalu.
Ilustrasi - Kondisi jembatan Arjowinangun di Sungai Grindulu Kabupaten Pacitan, Selasa (28/11/2017)./Istimewa
Ilustrasi - Kondisi jembatan Arjowinangun di Sungai Grindulu Kabupaten Pacitan, Selasa (28/11/2017)./Istimewa

Kabar24.com, BANTUL - Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta mencatat 15 jembatan di daerah ini roboh akibat diterjang banjir luapan sungai setelah diguyur hujan sebagai dampak badai Siklon Tropis Cempaka akhir November lalu.

"Dampak infrastruktur karena kejadian banjir kemarin terus bertambah datanya, dan yang kita verifikasi dan data terakhir itu ada 15 jembatan yang roboh dan tidak bisa difungsikan kembali," kata Kepala Pelaksana BPBD Bantul Dwi Daryanto di Bantul, Kamis (7/12/2017).

Menurut dia, hujan deras disertai angin kencang dampak badai Cempaka 28 November mengakibatkan banjir di seluruh 17 kecamatan, selain itu sungai-sungai di wilayah Bantul meluap sehingga jembatan tidak kuat menahan derasnya aliran air.

Pihaknya tidak merinci jembatan yang roboh karena diterjang banjir itu, namun diataranya jembatan Nambangan di Dusun Nambangan Desa Seloharjo dan jembatan gantung di Desa Selopamioro di atas aliran Sungai Oya.

Selain merobohkan jembatan, kata dia, banjir bandang juga merusak jalan di sembilan titik bahkan terputus, kerusakan talud di 22 titik, kerusakan di 13 bendung atau bangunan air, gorong-gorong empat titik, sekolah 44 titik, satu rumah sakit dan 178 rumah rusak.

"Estimasi kerugian karena dampak kejadian 28 November itu semuanya kurang lebih sekitar Rp167 miliar, dengan kerugian paling besar karena kerusakan infrastruktur kurang lebih sebesar Rp162 miliar," katanya.

Dwi Daryanto mengatakan kejadian banjir tersebut juga menggenangi lahan pertanian di Bantul seluas 161 hektare, merusak kolam-kolam perikanan dan kandang ternak, yang kerugiannya mencapai sekitar Rp,9 miliar.

Selain berakibat kerusakan infrastruktur dan sektor lainnya, lanjut dia, kejadian 28 November juga mengakibatkan sekitar 9.000 jiwa warga Bantul mengungsi ke lokasi yang aman, karena rumahnya kebanjiran, maupun rusak berat karena banjir atau tertimpa longsor.

"Untuk pengungsi karena kejadian itu berlangsung kurang lebih tiga hari, karena pada hari kedua pascabanjir air sudah surut, dan yang masih tergenang tinggal di kecamatan pesisir yaitu Kretek, Sanden dan Srandakan," kata Dwi.

Namun demikian, kata Dwi, kalau di wilayah yang terdampak banjir terparah yaitu Desa Sriharjo dan Selopamioro Kecamatan Imogiri pada 28 November banjir, namun keesokan harinya atau pada 29 November air sudah surut.

"Sehingga pengungsi hanya tiga hari berada di titik-titik pengungsian, selanjutnya mereka pulang ke rumah masing-masing untuk membersihkan sisa-sisa banjir," tambah Dwi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Editor : Nancy Junita
Sumber : Antara

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper