Gunung Agung Erupsi : Ini Skenario Distribusi BBM dan LPG ke Bali

Pertamina telah menyiapkan beberapa skenario proses distribusi BBM maupun LPG jika terjadi gangguan akibat erupsi Gunung Agung.
Ni Putu Eka Wiratmini | 29 November 2017 14:13 WIB
Asap dan abu vulkanik menyembur dari kawah Gunung Agung di Pura Besakih, Karangasem, Bali, Selasa (28/11). Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi memantau terjadinya tremor menerus akibat aktifitas gunung tersebut dan abu gunung telah menyebar ke bagian barat daya dengan ketinggian hingga 3.000 meter serta merekomendasikan masyarakat untuk tidak beraktivitas dalam radius hingga 10 km dari kawah. ANTARA FOTO - Nyoman Budhiana

Kabar24.com, DENPASAR -- Pertamina telah menyiapkan beberapa skenario proses distribusi BBM maupun LPG jika terjadi gangguan akibat erupsi Gunung Agung.

Skenario itu yakni dengan mengatur pengalihan supply point untuk konsumen dan lembaga penyalur dari Terminal Bahan Bakar Minyak (TBBM) Manggis ke TBBM Sanggaran maupun dari Surabaya.

Sementara, jika terjadi kondisi emergency dapat dilakukan pengalihan supply point dari TBBM Tanjung Wangi langsung ke customer atau lembaga penyalur melalui mobil tangki dengan kapal ferry.

Area Manager Communication & CSR JatimBalinus Rifky Rakhman Yusuf mengatakan untuk pasokan LPG Bali khususnya wilayah Jembrana, Buleleng, dan Tabanan dipasok dari Terminal LPG Banyuwangi.

LPG akan diangkut melalui darat menuju pelabuhan Gilimanuk yang kemudian diangkut lagi dengan kapal menuju Pelabuhan Ketapang.

“Untuk pasokan LPG Bali di wilayah Kota Denpasar, Kabupaten Badung, Kabupaten Gianyar dan Kabupaten Klungkung melalui darat menuju pelabuhan Benoa dan diangkut dengan kapal ferry atau Landing Craft Tank langsung ke pelabuhan Ketapang,” katanya dalam rilis yang diterima Bisnis, Rabu (29/11/2017).

Dia pun memastikan stok dan pasokan BBM dan LPG di wilayah Bali dalam kondisi normal dan aman. Untuk suplai BBM Wilayah bali saat ini kebutuhan rata- rata harian premium 579 kl, Pertalite 1.163 KL , pertamax 846 KL , solar 516 KL,Dex series 51 KL yang dipasok dari TBBM Manggis dan Sanggaran.

Sementara, kondisi Supplai LPG di wilayah Bali saat ini realisasi LPG 3 Kg sebanyak 620.000 Kg / hari atau 206.685 tabung / hari dan realisasi LPG Non Subsidi: 80.000 Kg / hari.

“Hingga saat ini Kondisi operasional masih dalam keadaan normal dan aman,” sebutnya.

Tag : gunung agung
Editor : Rustam Agus

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top