Para Lulusan Jerman Dirikan Ikatan Alumni Jerman

Para alumni lulusan sekolah dan perguruan tinggi di Jerman dari berbagai bidang keilmuan dan lintas waktu serta lintas generasi mendirikan organisasi alumni Ikatan Alumni Jerman (IAJ).
Nancy Junita | 18 November 2017 11:40 WIB
Para alumni lulusan sekolah dan perguruan tinggi di Jerman mendirikan organisasi alumni Ikatan Alumni Jerman (IAJ) saat Hari Pahlawan 10 November di Jakarta. - Dok. IAJ

Kabar24.com, JAKARTA – Para alumni lulusan sekolah dan perguruan tinggi di Jerman dari berbagai bidang keilmuan dan lintas waktu serta lintas generasi mendirikan organisasi alumni Ikatan Alumni Jerman (IAJ).

Ketua IAJ Komang Wirawan dalam keterangan tertulis yang diterima Sabtu (18/11/2017), menyebut bahwa pembentukan IAJ dilakukan pada 10 November di Museum Perumusan Proklamasi di Jalan Imam Bonjol Menteng, Jakarta Pusat.

Menurut Komang IAJ didirikan karena kebutuhan untuk memiliki sebuah organisasi alumni yang mampu berkiprah secara efektif untuk kemajuan bangsa, berdedikasi, berkompeten dan berperan aktif dalam pembangunan bangsa, lewat pemikiran maupun terjun langsung dalam program pembangunan di segala bidang.

Dijelaskan, IAJ merupakan partner Pemerintah RI untuk melancarkan roda pembangunan, peningkatan daya saing bangsa dan mencari solusi untuk kesejahteraan masyarakat kota maupun pedesaan.

IAJ akan bekerja sama dengan organisasi-organisasi nasional maupun internasional untuk integrasikan SDM global. Ikut meningkatkan dan memperluas kerja sama di segala bidang, khususnya kerja sama SDM iptek antara Indonesia-Jerman.

“Para anggota IAJ siap untuk bersinergi membenuk jejaring Indonesia Integrated untuk memajukan iptek lewat Indonesia Integrated, kompetensi SDM unggul dan berkompetensi kelas dunia bisa diintegrasikan secara langsung atau melalui perusahaan/organisasi tempat mereka bekerja. Sinergi saling melengkapi itulah yang ingin dicapai IAJ dengan berbagai inisiatif dan program kerjanya,” ujar Komang.

Visi IAJ adalah terdepan dan inklusif memajukan iptek, meningkatkan nilai tambah perekonomian bangsa dan kapasitas inovasi di Tanah Air. Dengan modal alamiah berupa wadah perhimpunan alumni dengan bermacam portofolio kompetensi serta daya kreativitas dan inovasi.

“ IAJ bertekad mewujudkan kepemimpinan unggul khususnya kepemimpinan dalam domain iptek dan dunia usaha melalui sinergi yang kuat antar anggota dan sesama anak bangsa, “ lanjut Komang.

IAJ menekankan berbagai macam inisiatif kebangsaan dan kebudayaan. Para anggota IAJ pada saat ini telah eksis berkaya dan berinovasi untuk bangsa. Sebagian besar masih terkait dengan aspek global brain circulation yang berkarya di dalam negeri ataupun di luar negeri yang langsung ataupun tidak langsung telah menyokong kemajuana bangsa. Masing-masing terkait dengaan aspek global brain circulation.

Komang menambahkan, IAJ juga memiliki program kerja terkait advokasi, promosi dan dukungan konkret terhadap segenap para ilmuwan, inovator dan teknolog yang tengah berkarya dan berinovasi tetapi ditengah jalan mengalami berbagai kendala teknis dan nonteknis.

“IAJ juga berperan sebagai badan pemikir, badan analis yang berorientasi pada kebijakan pembangunan nasional dan inisiatif kerakyatan. Juga mempunyai solusi konkret dan daya guna langsung terhadap masyarakat, pemerintah, dan para pengambil keputusan,” pungkas Komang.

 

 

Tag : jerman
Editor : Nancy Junita

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top