Jokowi Berharap Jepang Tetap Menjadi Mitra Utama Asean

Presiden Joko Widodo (Jokowi) berharap Jepang tetap menjadi mitra utama Asean dalam memajukan keterbukaan ekonomi yang saling menguntungkan.
Yudi Supriyanto | 14 November 2017 12:32 WIB
Presiden Joko Widodo (kedua kanan) berpose bersama PM Singapura Lee Hsien Loong (dari kiri), Sultan Hassanal Bolkiah Brunei, PM Kamboja Hun Sen, dan PM Laos Thongloun Sisoulith di sela-sela pembukaan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Ke-31 ASEAN di Manila, Filipina, Senin (13/11). - REUTERS/Aaron Favila

Bisnis.com, JAKARTA – Presiden Joko Widodo (Jokowi) berharap Jepang tetap menjadi mitra utama Asean dalam memajukan keterbukaan ekonomi yang saling menguntungkan.

Dalam laman Sekretariat Kabinet (Setkab), Presiden Jokowi mengemukakan, Jepang adalah salah satu mitra strategis dan mitra wicara pertama Asean yang telah banyak berkontribusi terhadap Asean.

“Saya berharap Jepang tetap menjadi mitra utama Asean dalam memajukan keterbukaan ekonomi yang saling menguntungkan,” kata Jokowi, tertulis dalam laman Setkab pada Selasa (14/11/2017).

Dia juga menekankan, negosiasi Regional Comprehensive Economic Partnership (RCEP) harus segera di selesaikan.

Untuk diketahui, Jepang adalah negara asal penanaman modal asing terbesar ketiga di Indonesia. Data BKPM menyatakan realisasi investasi Jepang di Indonesia sepanjang 2016 mencapai US$5,4 juta atau sekitar 18,6% dari total realisasi investasi asing sepanjang tahun lalu.

Tag : internasional, asean
Editor : Pamuji Tri Nastiti

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top