NTB Siap Kembangkan Sembalun untuk Datangkan Investor

Peluang masuknya investasi khususnya di sektor pariwisata terus digenjot NTB, salah satunya dengan mengembangkan kawasan wisata di kaki Gunung Rinjani, Sembalun.
Eka Chandra Septarini | 17 September 2017 15:12 WIB
Aktivitas Gunung Barujari yang berada di tengah danau Segara Anak mengeluarkan debu vulkanik saat meletus di Sembalun, Lombok Timur, NTB, Minggu (25/10). Gunung Barujari atau yang disebut Gunung Baru yang berada di sisi timur kaldera Gunung Rinjani dengan kawah berukuran 170m x 200 meter pada ketinggian 2296 - 2376 mdpl pada Minggu pukul 10.45 WITA mengeluarkan letusan abu vulkanik - Antara

Bisnis.com, MATARAM -- Peluang masuknya investasi khususnya di sektor pariwisata terus digenjot NTB, salah satunya dengan mengembangkan kawasan wisata di kaki Gunung Rinjani, Sembalun.

Sembalun sebelumnya telah mendapat penghargaan kelas dunia sebagai "Best Halal Honeymoon" yang tentu saja menjadikan kawasan ini cukup diminati, tidak hanya bagi para pendaki yang akan naik ke Rinjani tetapi juga bagi para wisatawan lain yang datang untuk mencari suasana lain dari Pulau Lombok.

Wakil Gubernur NTB Muhammad Amin mengatakan pihaknya akan terus menata dan memperkuat daerah Sembalun sebagai destinasi wisata dunia.

"Ini harus diwujudkan dalam bentuk dukungan nyata, yakni semua sektor yang memiliki keterkaitan dengan Sembalum membuat terobosan. Sehingga dapat menarik kunjungan wisatawan, baik lokal maupun mancanegara yang pada tahun 2017 ditargetkan sebanyak 3,5 juta orang," ujar Amin di Mataram, Minggu (17/9/2017).

Sembalun juga dikenal sebagai lokasi pertanian holtikultura. Potensi ini bisa dikemas menjadi salah satu daya tarik dengan menjadikannya sebagai wisata agro di wilayah Pulau Lombok.

Kadis Pertanian Kabupaten Lombok Timur M Zaini mengungkapkan, Selama ini, kegiatan ekonomi yang banyak dilakukan di wilayah Lombok Timur adalah bertani.

Sehingga, akan menjadi hal yang menarik dan mendatangkan nilai tambah apabila potensi pertanian yang ada, dipadukan dengan program pariwisata yang saat ini tengah digenjot.

"Selain dapat memajukan sembalun pada sektor ekonomi dan wisatanya, Sembalun diharapkan kedepan dapat mendukung kesejahteraan dan sumber ekonomi masyarakat," ujar Zaini.

Tag : lombok
Editor : Fajar Sidik

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top