Jamaah Haji Jangan Coba-Coba Bawa Air Zamzam Dalam Koper Bagasi

Sejumlah jamaah haji Indonesia masih saja mencoba memasukkan air Zamzam ke dalam koper bagasinya saat hendak pulang ke Tanah Air, walaupun sudah ada larangan dari panitia.
Nurudin Abdullah
Nurudin Abdullah - Bisnis.com 14 September 2017  |  23:24 WIB
Jamaah Haji Jangan Coba-Coba Bawa Air Zamzam Dalam Koper Bagasi
Ilustrasi - Istimewa

Kabar24.com, JAKARTA-Sejumlah jamaah haji Indonesia masih saja mencoba memasukkan air Zamzam ke dalam koper bagasinya saat hendak pulang ke Tanah Air, walaupun sudah ada larangan dari panitia.

Akibatnya, panitia dan petugas dari bandar udara sering membongkar koper bagasi milik jamaah karena di dalamnya tersimpan air Zamzam dalam dikemasan botol yang disimpan rapi, Tindakan mereka melanggar aturan maskapai penarbangan.

Petugas Pelindungan Jemaah (Linjam) Sektor 11 Makah, Rimsyahtono, mengatakan terus mensosialisasikan aturan maskapai penerbangan, khusunya mengenai larangan membawa air Zamzam ke dalam koper bagasi.

“Berulang kali kami menjelaskan hal itu kepada jemaah. Namun, belum sepenuhnya efektif karena masih banyak yang kedapatan membawa air Zamzam di dalam koper bagasi mereka,” katanya, Kamis (14/9/2017).

Dia dalam situs resmi Kementerian Agama, menjelaskan biasanya jamaah baru mematuhi larangan tersebut setelah melihat secara langsung tayangan pembongkaran koper, baik melalui televisi maupun pesan berantai di media sosial.

Setelah melihat sendiri secara visual pembongkaran koper, lanjutnya, para jamaah lebih memilih untuk mengikuti aturannya, dari pada tetap nekad, coba-coba membawa air Zamzam yang disimpan di dalam koper mereka.

Menurutnya, pihaknya akan terus mengingatkan jemaah tentang larangan membawa air Zamzam dalam koper, karena setiap jamaah setibanya di Tanah Air akan mendapat bagian air Zamzam sebanyak 5 linter per orang.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
Ibadah Haji, air zamzam

Editor : Andhika Anggoro Wening

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top
Tutup