Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Inilah 21 Negara yang Tidak Memiliki Tentara

Di tengah dunia, mungkin, teramat mustahil jika ada negara yang tidak emiliki tentara. Apalagi pertikaian antar negara kerap terjadi.
Martin Sihombing
Martin Sihombing - Bisnis.com 12 September 2017  |  12:09 WIB
Kota Vatikan - wikipedia
Kota Vatikan - wikipedia

Bisnis.com, JAKARTA – Di tengah dunia, mungkin, teramat mustahil jika ada negara yang tidak emiliki tentara. Apalagi pertikaian antar negara kerap terjadi.

Namun, ini kenyataan. Setidaknya ada 22 negara di dunia ini ternyata tidak memiliki tentara, yang bertuga melincungi negara dan sampai kini aman-aman saja. Mau tahu negara mana saja itu?

1. Andora

Di negara ini, hukum, ketertiban dan beberapa tugas parlementer, prinsipnya dilakukan oleh polisi. Nah, jika Anda bertanya-tanya, bagaimana negara ini melindungi dirinya dalam kasus perang atau ancaman eksternal?

Maka Anda harus tahu bahwa mereka mendapat perlindungan dari negara-negara di perbatasan seperti Spanyol dan Prancis di bawah perjanjian militer yang terpisah. Namun, bagaimanapun, memiliki tentara sukarelawan kecil tapi murni untuk tujuan seremonial.

2. Kosta Rika

Pada 1948, negara ini dilanda perang sipil. Setelah perang saudara tersebut, negara tersebut menghapuskan angkatan bersenjata. Ini adalah salah satu negara terbesar tanpa angkatan bersenjata. Keamanan internal dikelola oleh kepolisian. Nah, Anda akan cukup terkejut mengetahui bahwa meski terjadi konflik di perbatasan dengan Nikaragua, negara ini masih ada dengan tentara yang berdiri sendiri.

3. Dominica

Ironisnya, situasi ini dipicu oleh kudeta militer yang berusaha agar negara ini memutuskan untuk menghapuskan tentaranya selamanya. Sama seperti negara lain dalam daftar ini, polisi bertanggung jawab atas keamanan dalam negeri. Namun, ada sesuatu yang disebut sistem keamanan Regional, yang bertanggung jawab untuk membela sebagian besar negara Karibia.

4. Grenada

Kondisi itu terjadi akibat invasi Amerika yang menyebabkan langkah seperti itu. Kepolisian menjaga keamanan dalam negeri dan sistem keamanan Regional bertanggung jawab membela mereka.

5. Haiti

Sebelum 1995, kudeta militer cukup umum terjadi di Haiti. Lebih dari selusin kudeta militer dan konflik internal memaksa pemerintah membubarkan Angkatan Darat. Tapi pemberontak menuntut pembentukan tentara.

6. Islandia

Anda akan terkejut mengetahui bahwa negara ini tidak memiliki tentara sejak 1869. Negara ini adalah anggota NATO dan memiliki perjanjian pertahanan dengan Amerika Serikat.

7. Kiribati

Negara ini juga tidak memiliki kekuatan tentara sejak berdiri sendiri pada 1978. Ini adalah negara kecil yang sebenarnya merupakan konglomerat dari tiga kelompok pulau yaitu Kepulauan Gilbert, Kepulauan Phoneix dan Kepulauan Line. Australia dan Selandia Baru memberikan bantuan pertahanan ke negara ini bila diperlukan.

8. Liechtenstein

Negara ini berdiri sejak 1868. Negara ini menghapuskan tentara karena tidak dapat menanggung biaya untuk mempertahankan tentara. Negara ini memiliki bekal untuk pembentukan tentara, dalam kasus perang tapi untungnya situasi ini tidak pernah terjadi.

9.  Kepulauan Marshall
Negara ini tidak memiliki tentara sejak pembentukannya. Satu-satunya kekuatan yang bisa dilihat di negara ini adalah polisi. Polisi juga mengelola Unit Surveilans Maritim yang menangani keamanan internal. Sama seperti banyak negara lain dalam daftar ini, Amerika Serikat bertanggung jawab atas keamanannya.

10. Mauritius
Negara multikultural ini tanpa tentara sejak 1968. Mauritius adalah negara populer lain yang tidak memiliki tentara tetap. Meskipun negara ini tidak memiliki pasukan sendiri, tetapi  memiliki personil polisi aktif sekitar 10.000, yang bertanggung jawab atas semua fungsi militer, polisi, dan keamanan. Di bawah komando komisaris polisi.

11. Mikronesia
Negara Federasi Mikronesia juga tidak memiliki tentara sendiri. Jadi, siapa yang melindungi negara ini pada masa krisis? Nah, Anda bisa menebaknya, Amerika Serikat. AS memiliki wewenang dan tanggung jawab penuh atas pembelaan negara ini.

12. Monaco
Negara ini tanpa tentara sejak abad ke-17. Negara kecil ini meninggalkan investasi militernya kembali pada abad ke-17. Menariknya, negara ini memang memiliki dua unit militer kecil. Satu untuk melindungi Pangeran dan yang kedua untuk warga sipil. Prancis bertanggung jawab atas pembelaannya.

13. Nauru
Nauru juga tidak memiliki tentara sendiri. Australia bertanggung jawab atas pembelaannya. Namun, negara ini memiliki satuan kepolisian yang kompeten yang menjaga keamanan internalnya. Ini adalah salah satu negara terkecil di dunia menurut wilayah dan populasi.

14. Palau
Sejak berdirinya negara tersebut, mereka tidak memiliki tentara tetap. Satu-satunya kekuatan yang diizinkan adalah polisi. Negara ini memiliki 30 orang Maritime Surveillance Unit yang bertanggung jawab atas keamanan dalam negeri. Bantuan pertahanan disediakan oleh Amerika Serikat di bawah Compact of Free Association.

15. Panama
Negara ini tanpa tentara sejak 1990. Negara ini memang memiliki sesuatu yang disebut Pasukan Publik Panama yang bertanggung jawab atas keamanan internal dan masalah perbatasan. 

16. St. Lucia
Sama seperti banyak negara Karibia lainnya, negara ini juga tidak memiliki tentaranya sendiri. Pertahanannya diawasi oleh Regional Security System Defense, yang bertanggung jawab atas sebagian besar negara Karibia. Negara ini memiliki kepolisian sendiri yang disebut Kepolisian Kerajaan Saint Lucia, yang menjaga keamanan dalam negeri.

17. St. Vincent dan Grenadines
Negara Karibia lainnya tanpa tentara. St Vincent dan Grenadines adalah negara Karibia lain yang tidak memiliki tentara sendiri. Sama seperti negara-negara Karibia lainnya, negara ini juga mendapat perlindungan dari Sistem Keamanan Daerah.

18. Samoa
Negara ini tidak memiliki militer sejak didirikan. Namun, ada kepolisian yang mengurus keamanan internalnya. Sesuai dengan pact of relationship 1962, Selandia Baru bertanggung jawab untuk pembelaan.

19. Kepulauan Solomon
Negara ini tidak mempertahankan tentara sejak konflik etnis yang berat. Awalnya, negara ini mempertahankan kekuatannya sendiri. Setelah terjadi konflik etnis yang berat, yang memaksa negara-negara seperti Australia dan Selandia Baru untuk campur tangan, negara ini tidak mempertahankan militernya sendiri. Namun, negara ini memiliki kepolisian yang relatif besar.

20. Tuvalu
Tuvalu juga tidak memiliki militer sendiri sejak berdirinya. Sama seperti banyak negara lain, negara ini juga memiliki kepolisian tersendiri yang bertanggung jawab atas keamanan dalam negeri.

21. Vanuatu
Vanuatu tidak memiliki pasukan yang berdiri sendiri. Namun, negara ini memiliki sesuatu yang disebut angkatan mobile Vanuatu yang menjaga keamanan dalam negeri dan dilengkapi dengan senjata ringan.

22. Kota Vatikan
Negara terkecil di dunia ini tidak memiliki kekuatan militer sendiri. Namun, ia mempertahankan sebuah Gendarmerie Corps untuk kepolisian internal. Garda Swiss melindungi Tahta Suci, bukan di Kota Vatikan. Meski tidak ada kesepakatan pertahanan formal dengan Italia, secara informal, militer Italia melindungi Kota Vatikan. Garda Palatine dan Noble Guard dihapuskan pada 1970.

Nah, jika negara-negara ini bisa bertahan hidup tanpa tentara, mengapa tidak seluruh dunia?

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

tentara

Sumber : storypick.com

Editor : Martin Sihombing
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top