Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Quipper Campus, Bantu Siswa Cari Perguruan Tinggi

Quipper, perusahaan edu-tek, meluncurkan Quipper Campus, portal informasi satu atap yang menghubungkan para calon mahasiswa dengan pendidikan tinggi negeri maupun swasta di Indonesia.
Ilustrasi/education-newzealand.org
Ilustrasi/education-newzealand.org

Kabar24.com, JAKARTA -- Quipper, perusahaan edu-tek, meluncurkan Quipper Campus, portal informasi satu atap yang menghubungkan para calon mahasiswa dengan pendidikan tinggi negeri maupun swasta di Indonesia.

Di Indonesia, angka partisipasi kasar (APK) untuk kategori usia 19-24 (tingkat perguruan tinggi) masih sangat rendah, yaitu di bawah 30%, menurut data Koordinator Perguruan Tinggi Swasta (Kopertis).

Informasi terbatas yang diperoleh calon lulusan SMA dan sederajat diduga menjadi salah satu hal yang mempengaruhi rendahnya APK dalam kategori usia tersebut. Pemerintah telah aktif menangani masalah ini, salah satunya dengan meningkatkan kualitas institusi perguruan tinggi swasta (PTS).

Illah Saillah, Koordinasi Perguruan Tinggi Swasta Wilayah III Jakarta, mengatakan pihaknya menyadari banyak masyarakat yang beranggapan bahwa banyak Perguruan Tinggi Swasta (PTS) di Indonesia kurang berkualitas dan mahal. Padahal kenyataannya ada beberapa PTS yang justru lebih berkualitas daripada Perguruan Tinggi Negeri (PTN) dan dengan biaya yang cukup terjangkau.

"Pola pikir masyarakat Indonesia yang masih berfokus pada PTN tentu mempengaruhi hal ini,” ujarnya melalui rilis kepada Bisnis, Minggu (27/8/2017).

Quipper Indonesia memiliki gagasan untuk menjembatani kebutuhan informasi yang tepat bagi pelajar menengah atas dalam menemukan perguruan tinggi yang sesuai dengan minat, bakat dan kemampuan masing-masing dengan memanfaatkan teknologi.

Quipper Campus adalah portal informasi yang menyediakan dan mengakomodasi kebutuhan lulusan siswa sekolah menengah atas yang bercita-cita melanjutkan ke jenjang pendidikan tinggi.

Quipper Campus dapat membantu para calon mahasiwa mendapatkan informasi lengkap tentang pendidikan tinggi di seluruh Indonesia, baik Perguruan Tinggi Negeri maupun Perguruan Tinggi Swasta , termasuk lokasi, jurusan, mata kuliah, informasi administrasi, biaya dan masih banyak lagi.

Tri Nuraini, PR & Marketing Manager Quipper Indonesia, mengatakan, Quipper Campus dirancang dengan tampilan yang mudah dipahami pengguna dan tentunya dapat diakses di mana saja.

"Kami percaya dengan layanan ini, para siswa dapat memperoleh informasi lengkap tentang pendidikan tinggi baik negeri maupun swasta di Indonesia dan mendapatkan pilihan terbaik yang sesuai dengan kebutuhan mereka," katanya.

Selain memberikan informasi yang lebih luas kepada mahasiswa, perguruan tinggi di seluruh Indonesia juga dapat memanfaatkan Quipper Campus untuk menarik lebih banyak siswa untuk belajar di PTS yang bermutu baik.

Takuya Homma, Country Manager Quipper Indonesia mengatakan pihaknya percaya bahwa setiap siswa memiliki hak untuk mendapatkan pendidikan berkualitas

Hingga saat ini, Quipper Campus sudah menyediakan informasi tentang 78 universitas negeri dan lebih dari 150 perguruan tinggi swasta dan akademi pendidikan tinggi terpilih di Indonesia.

Sejak Februari hingga Agustus 2017 laman Quipper Campus telah dilihat lebih dari 175.000 kali. Dalam waktu dekat, akan ada lebih banyak informasi tentang institusi perguruan tinggi pada saat peluncuran resmi Quipper Campus pada 2018.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Agne Yasa
Editor : Saeno
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper