Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Perguruan Tinggi Diminta Tumbuhkan Nilai Pancasila di Kampus

Bangsa Indonesia harus menumbuhkembangkan kembali nilai-nilai Pancasila sebagai living value dan jati diri bangsa.Sebaliknya, bangsa Indonesia tidak cukup hanya melahirkan generasi muda yang cerdas, tetapi juga berakar dan memiliki jiwa kebangsaan yang kuat dan kokoh di tengah keberagaman yang khas Indonesia.
Ilustrasi Wisuda/Antara
Ilustrasi Wisuda/Antara

Kabar24.com, JAKARTA - Bangsa Indonesia harus menumbuhkembangkan kembali nilai-nilai Pancasila sebagai living value dan jati diri bangsa.

Sebaliknya, bangsa Indonesia tidak cukup hanya melahirkan generasi muda yang cerdas, tetapi juga berakar dan memiliki jiwa kebangsaan yang kuat dan kokoh di tengah keberagaman yang khas Indonesia.

"Karena itu , nilai-nilai Pancasila harus terus digali dan dikembangkan," ujar Anggota Dewan Pertimbangan Presiden, Sidarto Danusubroto.

Dia mengungkapkan hal itu pada orasi ilmiah di hadapan 789 wisudawan President University di Jababeka Convention Center, Cikarang, Jawa Barat, Sabtu (22/7).

Acara tersebut dihadiri pendiri Jababeka Group dan Presiden University, SD Darmono, Rektor President University, Jony Oktavian Haryanto, Koordinator Kopertis Wilayah IV, Uman Suherman.

Menurut Sidarto, keberagaman di Indonesia merupakan unique selling proposition atau keunikan dengan nilai jual yang tinggi. Deferensiasi ini menjadi modal yang penting untuk membangun bangsa ini menjadi besar.

Di era globalisasi, katanya, sistem pendidikan yang berstandar internasional menjadi faktor penentu layak tidaknya perguruan tinggi di Indonesia dapat bersaing pada kancah internasional. Peningkatan perguruan tinggi yang berkualitas dan berkelas dunia dapat menarik mahasiswa asing untuk belajar di Indonesia.

Sidarto mengungkapkan, faktor dasar internasionalisasi yang perlu ditingkatkan perguruan tinggi ialah sumber daya manusia, riset kolaboratif, dan infrastruktur. Selain itu, tiga strategi dasar internalisasi universitas yakni, konsolidasi internal, horisontalisme, dan kolaborasi global.

Dia berharap President University berkomitmen untuk berkontribusi meningkatkan kualitas pendidikan tinggi di Indonesia, agar dapat bersaing di tingkat dunia.

Rektor President University Jony Oktavian menegaskan pentingnya menanamkan nilai kebangsaan.

“Kami berharap tidak hanya menghasilkan lulusan yang pintar dalam bidang akademi, tapi juga punya nilai-nilai kebangsaan,” ujarnya.

Dia menjelasknya, President University telah menandatangani fakta integritas dengan seluruh jajaran kampus President University yang menyatakan kampus terbebas dari ujaran kebencian, radikalisme dan sejenisnya.

"Kami menjunjung tinggi etika akademik, nilai kebangsaan, Pancasila, dan komit pada NKRI," tegasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper