Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

IBU KOTA PINDAH : Selain Palangkaraya, Ini 2 Alternatif Ibu Kota

Pemerintah melalui Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) tengah mengkaji pemindahan Ibu Kota Jakarta ke kota lain di luar Pulau Jawa.
Irene Agustine
Irene Agustine - Bisnis.com 05 Juli 2017  |  14:02 WIB
Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basoeki Hadimoeljono melihat kondisi Danau Limboto di Provinsi Gorontalo, Minggu (30/4/2017). - Bisnis Indonesia/Yanita Patriella
Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basoeki Hadimoeljono melihat kondisi Danau Limboto di Provinsi Gorontalo, Minggu (30/4/2017). - Bisnis Indonesia/Yanita Patriella

Kabar24.com, JAKARTA -- Pemerintah melalui Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) tengah mengkaji pemindahan Ibu Kota Jakarta ke kota lain di luar Pulau Jawa.

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basoeki Hadimuljono mengatakan selain Palangkaraya, kota lain di dua provinsi Kalimantan lainnya juga jadi alternatif.

"Pak Bambang (Kepala Bappenas) kan bilang ada beberapa alternatif ya. Ada di Kalimantan Tengah, Timur, atau Selatan," katanya, di Istana Wakil Presiden, Rabu (5/7/2017).

Basoeki mengatakan kajian mendalam terkait kelayakan pemindahan Ibu Kota masih dilakukan oleh Kepala Bappenas Bambang Brodjonegoro. Kajian tersebut meliputi urgensi pemindahan dan kelayakan fungsi Ibu Kota. Bila memang kajian memutuskan layak pindah, baru akan ditentukan Ibu Kota baru.

Basoeki mengatakan pihaknya baru akan bergerak apabila sudah ada keputusan dari Presiden Joko Widodo terkait kajian dari Bappenas.

 


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Ibu Kota Dipindah
Editor : Nancy Junita
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top