Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Facebook Ingin Jadi Platform yang Tak Bersahabat Bagi Teroris

Usai serangan teror London, Facebook menyatakan ingin menjadikan platform media sosialnya sebagai tempat yang tidak bersahabat bagi teroris.
Facebook/Reuters-Robert Galbraith
Facebook/Reuters-Robert Galbraith

Kabar24.com, JAKARTA - Usai serangan teror London, Facebook menyatakan ingin menjadikan platform media sosialnya sebagai ‘tempat yang tidak bersahabat’ bagi teroris.

Hal tersebut dikatakan Direktur Kebijakan Facebook Simon Milner lewat pernyataan emailnya setelah serangan tiga pelaku teroris yang menabrakkan van yang disewa ke jalur pejalan kaki di Jembatan London, lalu menikam orang-orang di sekitar situ.

"Kami ingin Facebook menjadi lingkungan yang tidak bersahabat bagi teroris," ungkapnya pada Senin (5/6/2017).

Dia melanjutkan, "Dengan menggunakan kombinasi teknologi dan ulasan manusia, kami bekerja secara agresif untuk menghapus konten teroris dari platform kami segera setelah kami menyadari hal itu. Jika kami mengetahui adanya keadaan darurat yang akan membahayakan keselamatan seseorang, kami memberi tahu penegak hukum."

Dalam 3 bulan terakhir, terjadi serangan militant teroris di negeri Ratu Elizabeth itu. Sebelumnya, terjadi ledakan yang juga menewaskan beberapa penonton konser penyanyi asal AS, Ariana Grande, di Manchester.

Adapun, Perdana Menteri Inggris Theresa May menanggapi teror dengan menyatakan harus ada perombakan strategi yang digunakan untuk memerangi ekstremisme, termasuk tuntutan akan peraturan internasional yang lebih besar mengenai Internet.

Selama ini, perusahaan Internet besar dinilai bertanggung jawab mengembangkan ruang dalam penyebaaran ideologi ekstremisme.

May sebelumnya telah memberi tekanan pada perusahaan Internet untuk lebih bertanggung jawab atas konten yang diposting di layanan mereka. Bulan lalu dia berjanji jika dia memenangi pemilihan yang akan datang, untuk menciptakan kekuatan agar perusahaan membayar biaya kebijakan Internet dengan pungutan industri.

Twitter juga mengatakan bahwa pihaknya berupaya mengatasi penyebaran propaganda militan di situsnya.

"Konten teroris tidak memiliki tempat di Twitter," kata Nick Pickles, kepala kebijakan publik Inggris di Twitter, dalam sebuah pernyataan, menambahkan bahwa pada paruh kedua tahun 2016 telah menangguhkan hampir 400.000 akun.

"Kami terus memperluas penggunaan teknologi sebagai bagian dari pendekatan sistematis untuk menghapus jenis konten ini,” ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Irene Agustine
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper