Mantan Wagub Jabar Aboeng Koesman Meninggal Dunia

Aboeng Koesman Somawidjaja, mantan wakil gubernur Jawa Barat semasa Gubernur Aang Kunaefi, meninggal dunia.
Newswire | 28 Mei 2017 10:37 WIB
H. Aboeng Koesman - Twitter/@AdhyDault

Kabar24.com, BANDUNG - Aboeng Koesman Somawidjaja, mantan wakil gubernur Jawa Barat semasa Gubernur Aang Kunaefi, meninggal dunia.

H. Aboeng Koesman, demikian nama populer almarhum, meninggal dalam usia 92. Almarhum meninggal di Cirebon, Sabtu (27/5).

"Innalillahi wa innailaihirojiun. Kabar duka dari Inohong atau sesepuh Sunda Jawa Barat yakni Bapak Aboeng Koesman Somawidjaja. Almarhum telah berpulang ke Rahmatullah pada pukul 22.30 WIB, Sabtu malam atau 2 Ramadhan 1438 Hijriah," kata Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan, dalam siaran persnya, Minggu (28/5/2017).

Gubernur yang akrab disapa Aher ini, pada Minggu pagi sekitar pukul 06.00 WIB hadir di rumah duka bertakziah bersama istrinya, Netty Prasetyani Heryawan.

"Selamat jalan Bapak Aboeng Koesman Somawidjaja. Atas nama pribadi dan Pemerintah Provinsi Jawa Barat, kami kehilangan sosok sesepuh Jawa Barat, Inohong Sunda yang pernah menjabat Wakil Gubernur Jawa Barat periode 1981-1987," kata Aher.

Aboeng Koesman dilahirkan di Garut 24 April 1925. Sebelum menjabat Wakil Gubernur Jawa Barat, H Aboeng Koesman, pernah menduduki kursi Wali Kota Cirebon pada 1972-1982.

Almarhum juga pernah menjabat sebagai Ketua Umum Paguyuban Pasundan sampai dengan tahun 2000 dan Ketua Yayasan Pasundan selama dua periode.

Karier militer dimulainya pada Badan Keamanan Rakyat (BKR), Tentara Keamanan Rakyat (TKR) dan Tentara Rakyat Indonesia (TRI) di masa perjuangan dulu.

Karir militer lainnya adalah Pa/Dan POMDAN II/Bukit Barisan Medan serta Pa/Dan POMKOADAIT di Makasar.

Suami Hj Siti Hafijah dan ayah dari empat putra dan tiga putri ini juga pernah menjabat sebagai Pa/Dan POMDAN III Siliwangi di Bandung dan Pa/Dan DAN PUSDIKPOM di Cimahi.

Pihak keluarga mohon doa agar almarhum Husnul Khatimah dan dapat dimaafkan segala kesalahannya.

Dari pengumuman yang tertera di depan rumah duka, Almarhum akan dimakamkan siang ini di Taman Makam Pahlawan (TMP) Cikutra.

Sumber : Antara

Tag : obituari
Editor : Saeno

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top