Ini Dongeng Presiden Jokowi

Hari Buku Nasional dirayakan pada 17 Mei. Kali ini Presiden Joko Widodo mengundang 503 pelajar SD dan SMP di Jakarta ke Istana Negara, Jakarta, Rabu (17/5/2017).
Stefanus Arief Setiaji | 17 Mei 2017 21:23 WIB
Presiden Jokowi mengundang sejumlah pelajar ke Istana Negara, Rabu (17/5/2017). Kegiatan itu untuk memperingati Hari Buku Nasional - Bisnis/Setkab

Kabar24.com, JAKARTA — Merayakan Hari Buku Nasional, Presiden Joko Widodo mendongeng di hadapan ratusan pelajar. 

Hari Buku Nasional dirayakan pada 17 Mei. Kali ini Presiden Joko Widodo mengundang 503 pelajar SD dan SMP di Jakarta ke Istana Negara, Jakarta, Rabu (17/5/2017). Di pertemuan itu, Presiden menyampaikan cerita Lutung Kasarung, dongeng asal Jawa Barat. Selesai mendongeng, Presiden menyisipkan pesan.

"Jadi anak-anak kalau mengejar cita-cita harus bekerja keras, rajin belajar, jangan curang. Jangan menghina orang lain, menjelekkan teman, tidak boleh. Harus suka menolong teman," katanya, Rabu (17/5/2017).

Tidak hanya menyampaikan dongeng, Presiden Joko Widodo seperti biasa melemparkan pertanyaan. Pelajar yang menjawab pertanyaan dengan benar, atau mendekati benar, dihadiahi sepeda.

"Tadi saya bercerita tentang Lutung Kasarung. Siapakah pemuda tampan yang menjadi calon suami Purbasari? Tampannya seperti siapa? Duduk saja, tunjuk jari," tanya Presiden.

Seorang pelajar menjawab Lutung Kasarung. Karena jawabannya benar, dia diberi sepeda. Lantas, presiden menyampaikan pertanyaan berikutnya.

"Cerita Malin Kundang berasal dari mana?"

Seorang pelajar bernama Tiara menjawab Sumatra Barat. Sepeda pun diberikan kepadanya.

Presiden juga meminta seorang pelajar untuk menyampaikan dongeng pendek. Seorang pelajar bernama Iqbal lantas mendongeng.  Dongeng serupa Malin Kundang, tetapi bernama Malin Menangis.

"Yang penting Iqbal berani cerita Malin Kundang. Salah-salah sedikit tidak apa-apa," kata Presiden.

Dongeng lain, yakni Bawang Merah dan Bawang Putih, dibawakan Aisyah, pelajar SDN Menteng 01. Dia juga diberi hadiah sepeda oleh Presiden.

Tag : jokowi, pelajar
Editor : Stefanus Arief Setiaji

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top