LIPIA Bangun Kampus Cabang di Padang

Lembaga Ilmu Pengetahuan Islam dan Arab (LIPIA) berencana membuka kampus di Kota Padang sebagai tindak lanjut kerja sama pemerintah daerah setempat dengan Kerajaan Arab Saudi.
Heri Faisal | 27 April 2017 21:10 WIB
Presiden Joko Widodo (kedua kanan) dan Raja Arab Saudi Salman bin Abdulaziz Al-Saud (tengah) bersiap melakukan foto bersama sejumlah pimpinan lembaga Islam dan tokoh Islam Indonesia, di Istana Merdeka, Jakarta, Kamis (2/3). - Antara/Rosa Panggabean

Bisnis.com, PADANG - Lembaga Ilmu Pengetahuan Islam dan Arab (LIPIA) berencana membuka kampus di Kota Padang sebagai tindak lanjut kerja sama pemerintah daerah setempat dengan Kerajaan Arab Saudi.

Wali Kota Padang Mahyeldi Ansharullah mengatakan sudah ada kesepakatan awal untuk mendirikan kampus di wilayahnya.

“Mereka [LIPIA] sangat berkeinginan untuk membuka kampus cabang kelima di Padang,” katanya di Padang Sumatra Barat, pada Kamis (27/4/2017).

Dia mengaku sudah bertemu dengan direktur LIPIA untuk membahas rencana pembukaan kampus cabang di Padang, sekaligus meningkatkan pendidikan berbasis keislaman di daerah itu.

Menurutnya, rencana pembukaan kampus cabang tersebut merupakan rencana yang sudah dirintis beberapa tahun sebelumnya oleh Duta Besar Arab Saudi, namun rencana itu belum terealisasi.

Dia berharap Pemkot Padang dan manajemen LIPIA segera merealisasikan rencana pengembangan pendidikan berbasis islam di Sumbar dalam bentuk pendirian kampus itu.

Mahyeldi menyebutkan kehadiran kampus dengan kualitas pendidikan yang bagus memiliki efek yang bagus bagi masyarakat setempat. Baik dari sisi ekonomi, pengembangan kawasan maupun sosial kemasyarakatan.

Dia mencontohkan kehadiran Universitas Andalas di kawasan Limau Manis meningkatkan kegiatan ekonomi dan sosial masyarakatnya. Begitu juga dengan kehadiran kampus Universitas Baiturrahmah dan Universitas Bung Hatta di kawasan Air Pacah, dan IAIN Imam Bonjol di Sungai Bangek.

Pekan depan, imbuhnya, tim dari LIPIA akan mengunjungi Kota Padang untuk melakukan penjajakan dan survei lokasi.

Tag : padang, pendidikan
Editor : M. Syahran W. Lubis

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top