HAJI 2017 : Ini Janji Perbaikan Menko Puan Maharani

Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK) menargetkan kualitas layanan haji 2017 lebih baik seiring peningkatan layanan transportasi dan penambahan konsumsi.
Anggara Pernando | 22 Maret 2017 21:51 WIB
Menko PMK Puan Maharani (tengah) memimpin Rapat Koordinasi Tingkat Menteri didampingi Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin (kiri) dan Menteri Kesehatan Nila F Moeloek (kanan) di Kemenko PMK, Rabu (22/3). - Antara/Sigid Kurniawan

Kabar24.com, JAKARTA -- Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK) menargetkan kualitas layanan haji 2017 lebih baik seiring peningkatan layanan transportasi dan penambahan konsumsi.

Puan Maharani, Menko PMK mengatakan untuk musim haji 2017 ini keberangkatan calon jamaah akan dibagi dalam dua gelombang pemberangkatan.

Jamaah Haji Gelombang I direncanakan mendarat di Madinah, sedangkan Gelombang II langsung ke Jeddah.

Selain itu untuk meningkatkan ketenangan selama beribadah pemerintah akan meningkatkan layanan transportasi bus sholawat. Rencananya layanan ini akan ditingkatkan menjadi 24 jam. Selain itu konsumsi di Mekkah menjadi 24 kali dari yang semula 15 kali.

“Kami harus mengingat betul bahwa dengan penambahan jumlah kuota haji ini, berarti jumlah orang yang kami akan layani juga semakin banyak,” kata Puan di Jakarta, Rabu (22/3/2017).

Selain itu, kata Puan, sejumlah masalah juga harus disikapi panitia penyelenggara dengan baik mulaibtahap pra pemberangkatan hingga kepulangan.

Masalah itu seperti pelayanan bimbingan manasik haji, pelayanan kesehatan pada masa tunggu keberangkatan, asrama haji, Penetapan Biaya Penyelenggaraan Ibadah Haji (BPIH), kuota dan pelunasan.

Selain itu terkait pendaftaran, dokumen dan visa, pelayanan kesehatan pada masa keberangkatan hingga kualitas hotel, katering dan transportasi.

Selanjutnya juga memastikan langkah antisipasi yang harus dilakukan antara lain jumlah petugas haji yang harus dapat mencukupi dalam memberikan berbagai layanan umum termasuk layanan kesehatan agar jadi semakin baik.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
Ibadah Haji, haji dan umroh

Editor : Rustam Agus

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top