Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Konsumsi BBM Beroktan 98 Dipacu di Jateng dan DIY

PT Pertamina (Persero) MOR IV Jawa Tengah dan DIY menggenjot konsumsi bahan bakar minyak dengan kadar oktan 98.
Truk pengangkut BBM Pertamina bersiap melakukan distribusi./JIBI-Dwi Prasetya
Truk pengangkut BBM Pertamina bersiap melakukan distribusi./JIBI-Dwi Prasetya

Bisnis.com, SEMARANG - PT Pertamina (Persero) MOR IV Jawa Tengah dan Yogyakarta menggenjot konsumsi bahan bakar minyak dengan kadar oktan 98 yaitu Pertamax Turbo sejalan dengan kenaikan pasar yang terpacu pertumbuhan mobil mewah.

Umar Chotib, Manajer Ritel Pertamina MOR IV Jawa Tengah dan DI Yogyakarta, mengatakan saat ini rata-rata konsumsi bahan bakar minyak (BBM) beroktan 98 tersebut di wilayah kerjanya mencapai 50.000 liter hingga 60.000 liter per hari.

“Target kami tahun ini sampai 100 stasiun pengisian bahan bakar umum (SPBU) yang menjual produk Pertamax Turbo. Diharapkan minimal di ibu kota kabupaten itu ada karena rata-rata di ibu kota kabupaten itu ada mobil mewah dan komunitas anak muda,” katanya pada Kamis (9/3/2017).

Saat ini hanya 51 SPBU yang menyediakan produk tersebut dan empat di antaranya di DIY. Adapun konsumsi terbesar bagi BBM beroktan 98 ada di Semarang berkontribusi sekitar 20% atau sekitar 10.000 liter per hari.

Menurutnya, hal itu disebabkan mayoritas mobil mewah di Jateng dan DIY berada di Semarang. Bahkan, lanjut dia, rata-rata konsumsi BBM dengan kadar oktan 90 ke atas seperti produk Pertalite dan Pertamax konsumsinya merata di Semarang.

Di sisi lain, saat ini di Semarang baru terdapat delapan SPBU yang menyediakan produk Pertamax Turbo di Semarang. Hingga akhir tahun pihaknya menargetkan ada penambahan empat SPBU yang dapat menawarkan produk tersebut.

Sementara itu, untuk DIY pihaknya menargetkan ada penambahan 10 SPBU yang dapat menyediakan produk Pertamax Turbo. Dia menghitung ada lima kota kabupaten di DIY sehingga rata-rata per kota kabupaten bertambah dua SPBU.

Selain menargetkan penambahan SPBU yang menawarkan produk Pertamax Turbo, pihaknya pun menyasar penjualan rata-rata per SPBU untuk BBM beroktan 98 itu mencapai 1.000 liter hingga 2.000 liter per hari.

Dia mengklaim dengan kadar oktan 98 produk tersebut dijual sekitar Rp9.100 per liter adalah harga yang relatif murah. Sehingga tidak mustahil jika konsumsi Pertamax Turbo akan terpacu.

Menurut dia, penambahan SPBU yang menyediakan produk Pertamax Turbo sekitar 70% adalah outlet baru dan sisanya yang sudah eksis.

Saat ini kontribusi penjualan BBM dengan kadar oktan 98 terhadap total penjualan baru sekitar 0,5%. Di wilayah kerjanya, rata-rata total penjualan BBM per hari mencapai 15,6 juta liter hingga 16 juta liter.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper