Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pemkot Tegal Canangkan Wisata Kuliner

Pemerintah Kota Tegal akan mencanangkan kota tersebut sebagai kota wisata kuliner dengan dilaksanakannya vestifal kuliner pada 17 Maret 2017 di sepanjang Jalan Veteran
Warung Tegal/ilustrasi
Warung Tegal/ilustrasi

Bisnis.com, SEMARANG—Pemerintah Kota Tegal akan mencanangkan kota tersebut sebagai kota wisata kuliner dengan dilaksanakannya vestifal kuliner pada 17 Maret 2017 di sepanjang Jalan Veteran. 

Acara tersebut akan melibatkan masyarakat dari 27 kelurahan untuk menampilkan dan menyajikan makanan khas dari masing-masing kelurahan.

“Bahkan kita sudah bersurat resmi kepada Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Republik Indonesia Puan Maharani dan kementrian terkait untuk bisa membuka acara ini,” ucap Walikota Tegal Siti Masitha Soeparno, seperti dikutip dari laman resmi Pemprov Jateng, Kamis (2/3).

Harapannya menjadikan Tegal sebagai kota wisata kuliner bukan tanpa alasan. Banyak istilah kuliner atau makanan khas Tegal yang dikenal secara luas. Dia mencontohkan warteg sekarang sudah mendunia dan masyarakat luas bisa mengetahui asal usulnya berasal dari Kota Tegal, termasuk soto tauco.

“Kemudian karena Tegal ini kota bahari ada opsi lagi lomba untuk masakan olahan dari hasil laut ikan udang kepiting dan lainnya, ini akan dilombakan kemudian jurinya adalah dari Aku Cinta Makanan Indonesia (ACMI),” imbuhnya.

Dia juga mengungkapkan setelah acara tersebut Pemkot Tegal juga akan mendokumentasikan semua makanan yang dilombakan pada acara pencanangan Kota Tegal sebagai Kota Kuliner.

“Kita akan buat buku yang menceritakan sejarah asal muasal warteg ini, karena semua tahu warteg tapi asal usulnya juga harus tahu pula. Kita akan kerjasama dengan majalah Historia yang akan mengupas tentang warteg yang membanggakan kita semua,” pungkasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper