Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Inilah Ambisi 'Perang' Trump, Jadikan Militer AS Terbesar Dalam Sejarah

Presiden Donald Trump mengatakan pada Kamis (2/3/2017) bahwa dia ingin militer AS memiliki lebih banyak kapal dan pesawat untuk proyek kekuatan Amerika di negeri-negeri jauh, membuat idenya itu mengusulkan kenaikan budget pertahanan menjadi US$54 miliar, yang membuat anggota parlemen AS bertengkar.
Presiden AS Donald Trump di Newport News, Virginia,AS/Reuters
Presiden AS Donald Trump di Newport News, Virginia,AS/Reuters

Bisnis.com, NEWPORT NEWS - Presiden Donald Trump mengatakan pada  Kamis (2/3/2017) bahwa dia ingin  militer AS memiliki lebih banyak kapal dan pesawat untuk "proyek kekuatan Amerika di negeri-negeri jauh," membuat  idenya itu mengusulkan kenaikan  budget  pertahanan menjadi US$54 miliar,  yang membuat anggota parlemen AS bertengkar.

Mengenakan jaket militer zaitun dan topi  di pesawat baru,  Gerald R. Ford, di Newport News, Virginia, Trump mengatakan ia ingin militer AS  memiliki peralatan yang terbaik di dunia.

Trump minggu ini mengusulkan kenaikan budget pertahanan US$54 miliar  dari anggaran pertahanan pada tahun lalu, meningkatkan anggaran Pentagon menjadi US$603 miliar dan mengatakan ia ingin meluncurkan 'penumpukan' militer terbesar dalam sejarah Amerika untuk menebus apa yang disebut depleted armed forces.

Beberapa anggota parlemen Republik ingin uang itu lebih banyak  untuk pertahanan dan lain-lain, tetapi Demokrat, menentang dan  memilih  penumpukan biaya dalam anggaran AS. Dia akan memotong bantuan luar negeri dan program non-pertahanan lainnya sebesar US$54 miliar.

Trump mengatakan ia ingin mendapatkan Angkatan Laut AS kembali  memiliki 12 kapal induk. Angkatan Laut saat ini memiliki 10.

"Saya baru saja berbicara dengan Angkatan Laut dan para pemimpin industri dan telah membahas rencana saya untuk melakukan ekspansi besar dari seluruh armada Angkatan Laut kita, termasuk 12 (pesawat) -carrier Angkatan Laut yang kita butuhkan," kata Trump, yang menerima tepuk tangan.

"Kita juga perlu lebih banyak pesawat, kemampuan dimodernisasi dan tingkat kekuatan yang lebih besar," katanya. "Selain itu, kami sangat harus meningkatkan kemampuan maya kami."

Ada pertanyaan tentang bagaimana peningkatan anggaran untuk  cabang layanan lain yang berbeda saat  program senjata akan mendapatkan prioritas.

Selama kampanye, Trump mengatakan ia akan meningkatkan kekuatan pasukan Angkatan Darat dan meningkatkan jumlah kapal di Angkatan Laut menjadi 350 dari sekitar 275 kapal. Timeline dan biaya yang tepat itu dengan mengalihkan dari penumpukan yang tidak jelas.

Trump mengatakan Angkatan Laut akan "segera menjadi yang terbesar."

Kekuatan angkatan laut AS  tertinggi  6.768 kapal pada  1945, pada akhir Perang Dunia II dan pada  1990  masih memiliki 570 kapal, meskipun kapal sekarang lebih maju dan mampu.

"Kami akan memiliki segera peralatan terbaik di dunia," katanya. "Kami akan memberikan militer kita alat yang Anda butuhkan untuk mencegah perang dan, jika diperlukan, untuk melawan perang dan hanya melakukan satu hal. Anda tahu apa itu? Win... Win."

Trump mengatakan Gerald R. Ford dan kapal baru lainnya untuk "proyek kekuatan Amerika di negeri-negeri jauh."

"Mudah-mudahan, itu tidak harus menggunakan kekuasaan kita. Namun, jika kita lakukan, mereka dalam  masalah besar," katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Martin Sihombing
Sumber : Reuters
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper