Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Ini Jenis Racun Pembunuh Kim Jong Nam

Polisi Malaysia mengatakan zat kimia yang digunakan dalam pembunuhan Kim Jong-nam adalah VX nerve agent yakni sejenis senjata pembunuh kimia yang mampu melumpuhkan saraf seketika.
Kim Jong Nam./Reuters
Kim Jong Nam./Reuters

Bisnis.com, JAKARTA—Polisi Malaysia mengatakan zat kimia yang digunakan dalam pembunuhan Kim Jong-nam adalah VX nerve agent yakni sejenis senjata pembunuh kimia yang mampu melumpuhkan saraf seketika.

Informasi mengenai pembunuhan saudara tiri Pemimpin Besar Korea Utara Kim Jong-un itu dilaporkan oleh Departemen Kimia Malaysia dan diumumkan oleh polisi setempat saat bertemu parlemen. Temuan ini mengikuti analisis awal dari zat yang diusapkan ke wajah dan mata pria bertubuh gempal tersebut.

Menurut polisi Malaysia, zat dengan kadar racun sangat tinggi itu juga dikenal sebagai etil N-2 Diisopropylaminoethyl Methylphosphonothiolate yang diklasifikasikan oleh PBB sebagai senjata pemusnah massal.

Centers for Disease Control and Prevention Amerika Serikat mengatakan VX adalah yang paling ampuh dari semua zat kimia penyerang saraf dan digunakan dalam 'perang kimia'. Akan tetapi polisi Malaysia mengatakan Centre for Chemical Weapon di negara mereka masih menganalisis barang-barang Kim Jong Nam lainnya.

"Untuk yang lain berada di bawah analisis," kata kepala polisi Malaysia Khalid Abu Bakar sebagaimana dikutip Reuters, Jumat (24/2/2017).

Kim Jong Nam tewas di Bandara Kuala Lumpur International Airport Senin lalu saat bersiap menuju Makau. Para pejabat Korea Selatan meyakini para intelijen Korea Utara berperan dalam pembunuhan Kim Jong Nam yang tinggal di Makau, wilayah yang berada di bawah protektorat China.

Cuplikan CCTV yang dirilis oleh jaringan televisi FujiTV Jepang menunjukkan seorang wanita tiba-tiba muncul dan membekap pria itu sebelum meminta bantuan medis ke petugas bandara. Dia tewas saat dalam perjalanan menuju rumah sakit.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper